Die Markenbildung einer Regionalen Destination im touristischen Wettbewerb anhand des Beispiels „Junge Donau“

AYU MIRATU, . (2015) Die Markenbildung einer Regionalen Destination im touristischen Wettbewerb anhand des Beispiels „Junge Donau“. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ayu Miratu 2615090085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sektor Pariwisata merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi perkembangan ekonomi suatu negara. Khususnya di era Globalisasi dengan perkembangan pesat di bidang transportasi dan komunikasi. Hal ini menyebabkan proses pertukaran informasi tentang tempat-tempat wisata dapat berlangsung cepat dan memungkinkan wisatawan berlibur ke tempat-tempat wisata di seluruh penjuru dunia. Hal ini harus diimbangi dengan perencanaan pariwisata yang matang dan dengan perkembangan yang berkesinambungan. Sungai Donau (eng. Danube) merupakan salah satu sungai terkenal di dunia. Sungai kedua terpanjang di Eropa ini mengalir sepanjang 2840 Kilometer dari sumbernya di Schwarzwald (eng. Blackforest) Jerman melewati 9 negara hingga bermuara di Laut Hitam. Meskipun sungai ini terkenal namun tidak semua kota-kota yang dilewati sungai ini dapat menikmati keuntungan dari terkenalnya sungai ini di bidang pariwisata. Hal ini dapat dilihat dari kota-kota yang terletak di bagian pertama pinggir sungai Donau yang dimulai dari Kota Donaueschingen di Schwarzwald sampai Ulm memiliki banyak potensi pariwisata. Namun hanya beberapa kota saja yang pariwisatanya berkembang. Pariwisata di kota-kota kecil sebaliknya berkembang sangat lambat disebabkan kecilnya pendanaan untuk biaya pariwisata. Selain itu tiap-tiap kota mempromosikan pariwisata dengan sungai Donau sebagai tema hanya sebesar wilayah otoritas masing-masing. Sampai saat ini daerah di sekitar sungai Donau belum dipromosikan secara penuh di bidang pariwisata. Oleh karena itu kerjasama antar kota yang terletak di pinggir sungai Donau diharapkan untuk mengembangkan potensi pariwisata di daerah sungai Donau dan memperkuat perekonomian daerah. Untuk mencapai tujuan ini sebuah label “Junge Donau” diciptakan. Didalam label ini terdapat kerjasama antar kota-kota sungai donau untuk mempromosikan tidak hanya kota mereka namun keseluruhan daerah sungai Donau. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah label “Junge Donau” sesuai dengan kebutuhan kota-kota tersebut dan dapat mencapai tujuan yang hendak dicapai dalam bidang pariwisata. Selain itu hambatan yang ditemui juga akan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebuah kerjasama dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang disebutkan diatas. Namun dalam pelaksanaannya terdapat hambatan seperti pebedaan visi dan misi tiap kota mengingat berkembangan pariwisata tiap kota yang tidak sama. Oleh karena itu mengkomunikasikan label “Junge Donau” ke masyarakat dan menambah nilai fungsi label ini diharapkan dapat mengatasi hambatan yang terjadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Christian Krekeler.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 03:35
Last Modified: 11 May 2022 03:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27907

Actions (login required)

View Item View Item