SRI ASTUTI DAMAYANTI, . (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGERINGAN RAMBUT (BLOW DRY) DAN PENATAAN RAMBUT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI DAMAI.pdf Download (49MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatakan hasil belajar pengeringan rambut (blow dry) dan penataan rambut. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Negeri 3 Bogor. Pada Kelas X Tata kecantikan berjumlah 32 peserta didik. Waktu Pelaksanaan pada bulan Oktober-Nopember 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan didalam kelas oleh Guru dengan menggunakan Model pembelajaran Think Pair and Share pada pembelajaran pengeringan rambut (blow dry) dan penataan rambut. Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik berupa soal yang diberikan pada akhir siklus. Soal pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Dan untuk mengetahui peserta didik menerima model pembelajaran Think Pair and Share peneliti membagikan kuesioner berjumlah 22 butir pernyataan. Berdasarkan data persentase, hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dengan penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share pada materi pengeringan rambut (blow dry) dan penataan rambut. Peningkatan hasil belajar berupa nilai yang diperoleh peserta didik baik nilai praktik maupun tertulis. Nilai rata-rata hasil belajar praktik materi pengeringan rambut pada pretest praktik 78,51 meningkat 2,35 poin menjadi 80,86 pada post test I kemudian rata- rata-rata hasil belajar meningkat 2,15 poin menjadi 83,72 pada post test II. Nilai rata-rata pretest tertulis 68,58 meningkat 11,15 poin menjadi 79,73 di post test I lalu pada post test II meningkat 5,01 poin menjadi 84,74. This classroom action research aims to increase blow dry and hair styling learning achievement. This classroom action research was conducted in SMK Negeri 3 Bogor. In Class X Cosmetology are 32 learners. This research implemented in October-November, 2016. The method used in this research is a classroom action research. This research was conducted in the classroom by the teacher using Think Pair and Share learning model in blow dry and hair styling subject. Evaluations used to determine the increase of students’ learning achievement is form of questions given at the end of the cycle. Multiple choice questions are 25 items. And to know the students accept learning model Think Pair and share researchers distributed questionnaires consist of 22 statements. Based on the percentage of the data, the results show an increase in Think Pair and Share learning model on the blow dry and hair styling subject. Improved learning achievement was score earned by students in practice and written test. The average score of learning achievement practice in blow dry subject increased by 2.35 points from 78.51 to 80.86 in first post-test first and then learning achievement average score increased 2.15 points to 83.72 in second post-test. The average score of the written pre-test increased 11.15 points from 68.58 to 79.73 in the first post-test and increased 5.01 points to 84.74 in second post-test.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Lilies Yulastri, M.Pd, 2) Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes, |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 06:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 06:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27911 |
Actions (login required)
View Item |