PEMBELAJARAN PIANO UNTUK ANAK AUTIS DI VIENNA MUSIC SCHOOL JAKARTA

ANDRE ALEXANDER, . (2017) PEMBELAJARAN PIANO UNTUK ANAK AUTIS DI VIENNA MUSIC SCHOOL JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (67kB)
[img] Text
ISI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang jelas mengenai proses pembelajaran piano untuk anak autis di Vienna Music School ditinjau bedasarkan tujuan, metode, materi, media dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data, transkrip interview, pengelompokkan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu dimulai pada bulan Maret hingga Juni 2017. Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan dari proses pembelajaran piano untuk anak autis di Vienna Music School menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan anak penderita autis dalam mempelajari piano berbeda-beda sesuai karakteristik anak penderita autis tersebut. Materi yang digunakan adalah materi yang sesuai dengan kurikulum piano umum dengan tahapan pembelajaran yaitu pertama-tama melatih teknik penjarian dengan memainkan tangga nada, selanjutnya memainkan etude dan lagu-lagu pendek. Metode yang digunakan pengajar adalah metode demonstrasi yaitu dengan mencontohkan terlebih dahulu teknik permainan piano kepada siswa. Kemudian dengan metode imitasi, siswa diminta untuk menirukan teknik permainan yang dicontohkan pengajar. Terakhir pengajar menggunakan metode drill dimana siswa memainkan kembali materi yang diajarkan secara berulang-ulang. Media yang digunakan adalah buku pelajaran, rekaman video, metronome, dan penjelasan kepada orangtua siswa tentang materi yang disampaikan. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran piano untuk anak autis di Vienna Music School adalah evaluasi berupa Ujian ABRSM yang diadakan sekali setiap tahun dan evaluasi rutin di setiap pertemuan dalam kelas. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran piano untuk anak autis di Vienna Music School adalah efektif karena telah mencapai tujuannya. The purpose of this study was to obtain clear data about piano learning process for autistic children at Vienna Music School reviewed based on objectives, methods, materials, media and evaluation. The research method used is qualitative research method with case study approach, with data collection technique through observation, interview, literature study and documentation. The data obtained were analyzed through data collection, interview transcript, data grouping, data reduction and conclusion. The study was conducted for 4 months starting from March to June 2017. The results of the data collected from the piano learning process for children with autism at Vienna Music School showed that the development of autistic children's ability to learn piano vary according to the characteristics of children with autism. The material used is the material that is in accordance with the general piano curriculum with the learning stage that is first to practice the technique of penjari by playing the ladder, then play the etude and short songs. The method used by the teacher is a demonstration method that is by first modeling the piano game technique to the students. Then by imitation method, students are asked to mimic game techniques exemplified by the teacher. Finally the teacher uses a drill method in which the student plays back the taught material repeatedly. The media used are textbooks, video recordings, metronome, and explanations to parents about the material presented. The evaluation used in piano lessons for autistic children at Vienna Music School is an evaluation of the ABRSM Exams held once each year and regular evaluations at each classroom meeting. Thus, it can be concluded that piano learning for children with autism at the Vienna Music School is effective because it has achieved its goal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Tjut Etty, M.Pd., 2) Dra. Rien Safrina, M.A., Ph.D,
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:08
Last Modified: 25 Apr 2022 06:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27914

Actions (login required)

View Item View Item