THE COGNITIVE LEVELS OF READING COMPREHENSION TASKS IN ENGLISH TEXTBOOK FOR ELEVENTH GRADERS

Alvi Syahar, . (2016) THE COGNITIVE LEVELS OF READING COMPREHENSION TASKS IN ENGLISH TEXTBOOK FOR ELEVENTH GRADERS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ALVI SYAHAR 2215121568.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis tingkatan ranah kognitif pada tugas pemahaman membaca berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi dan relevansinya dengan kurikulum 2013 di buku bahasa Inggris untuk siswa kelas 11. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai bulan Juli. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten. Data dari penelitian ini adalah 218 tugas pemahaman membaca. Sumber data penelitian ini adalah buku bahasa Inggris kelas 11 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2014. Alat penelitian yang digunakan adalah table dimensi proses kognitif yang diadaptasi dari Krathwohl (2002).Table yang digunakan terdiri dari enam tingkatan dari dimensi proses kognitif; mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan membuat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tugas pemahaman membaca yang ada di buku bahasa inggris adalah tersebar mulai dari tingkatan mengingat sampai tingkatan membuat. 10 (4.59%) tugas pada tingkat mengingat, 125 (57.34%) tugas pada tingkat memahami, 24 (11.01%) tugas pada tingkat menerapkan, 18 (8.26%) tugas pada tingkat menganalisis, 11 (5.05%) tugas pada tingkat mengevaluasi, dan 30 (13.76%) tugas pada tingkat membuat. Lalu, tingkat tertinggi ranah kognitif pada tugas pemahaman membaca di buku ini adalah tingkat pemahaman sebesar 57.34% dan tingkat terendah adalah tingkat mengingat sebesar 4.59%. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa tugas-tugas pemahaman membaca yang terdapat di buku bahasa inggris ini sudah mencakup semua tingkatan kognitif berdasarkan revisi taksonomi Bloom dan memenuhi tingkatan berpikir yang diminta oleh kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Jan 2020 15:48
Last Modified: 14 Jan 2020 15:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

View Item View Item