PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR DI SMK MALAKA JAKARTA TIMUR

SITI ROOSNIAH, . (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR DI SMK MALAKA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SITI ROOSNIAH(5235127267).pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbred Heads Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Jaringan Dasar. Penelitian dilakukan di SMK Malaka Jakarta Timur, dilaksanakan pada bulan April - Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest, dimana sampel yang terdiri dari dua kelas akan diberikan perlakuan yang berbeda. Masing – masing kelas terdiri dari 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Kelas eksperimen dengan model Discovery Learning diterapkan di kelas X TKJ 1 dan untuk kelas kontrol dengan model Cooperative Learning tipe Numbeerd Heads Together diterapkan di kelas X TKJ 2. Untuk mendapatkan data penelitian siswa diberikan tes akhir untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Jaringan Dasar dengan menggunakan model Discovery Learning hasilnya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together yang dibuktikan dengan hasil analisis data (uji t) yaitu diperoleh nilai thitung = 3,637. Hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel dengan n = 60 dan taraf signifikan 0,05 maka diperoleh ttabel = 1,671. Karena thitung > ttabel yaitu 3,637 > 1,671, maka H0 ditolak. Hasil belajar siswa yang menggunakan model Discovery Learning mendapatkan nilai rata-rata 89,57, sedangkan siswa yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together mendapatkan nilai rata-rata 85,23. Siswa yang diajarkan menggunakan model Discovery Learning memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together. This research aims to compare the learning model of Discovery Learning with Cooperative Learning type Numbered Heads Together againts the result of study on the subject of the Basic Networking. The study was conducted in SMK Malaka Jakarta Timur, held in AprilMay 2016. This research uses a method quasi experiment with Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest, in which a sample consisting of two classes will be given a different treatment. Each class consists of 30 students. Sampling using a simple random sampling technique. Class experiments with the model Discovery Learning implemented in class X TKJ 1 and for the class control use the Cooperative Learning mode type Numbered Heads Together applied in class X TKJ 2. To obtain research data, the students are given a final test to measure cognitive abilities with multiple-choice tests. Based on the results of this study concluded that the result of student learning in subjects Network Basic by using a model of Discovery Learning is higher than the model Cooperative Learning type Numbered Heads Together. The results of data analysis (t-test) that is obtained by value t = 3,637, These results are compared with the value t-tabel with n = 60 and significant levels of 0.05, then retrieved t table = 1.671. Because t > t table i.e. 3.637 > 1.671, it said that H0 is rejected. Student learning outcomes using Discovery Learning model get an average 89.57, while students who use the model Cooperative Learning type Numbered Heads Together get an average 85.23. Students are taught using Discovery Learning models has an average value higher than students taught using Cooperative Learning type Numbered Heads Together.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd 2) Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:22
Last Modified: 25 Apr 2022 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27931

Actions (login required)

View Item View Item