AYU SRI LESTARI, . (2015) Pengaruh Metode Reciprocal Teaching terhadap Hasil Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Mahasiswa Tingkat I di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Ayu Sri Lestari.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta pada Tahun Ajaran 2014/2015, yang dimulai dari Bulan Oktober 2014 sampai dengan Bulan Mei 2015 dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Metode "Reciprocal Teaching” terhadap Hasil Keterampilan Membaca Bahasa Arab pada Mahasiswa Tingkat I Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampelnya adalah mahasiswa tingkat I Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta sebanyak 50 mahasiswa, yang terdiri dari 25 mahasiswa dari Kelas Kontrol dan 25 mahasiswa dari Kelas Eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk essay sebanyak 25 soal dengan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t pada taraf signifikasi α = 0,05. Uji-t dilakukan setelah melakukan beberapa tes seperti Uji Homogenitas, nilai χ2 hitung =1,29 dan homogenitas dari tabel di tingkat signifikansi 0,05 =3,84. Dan χ2 Tabel =3,84. Maka χ2 hitung lebih kecil daripada χ2 tabel. Dan Uji Normalitas dari hasil keterampilan membaca bahasa arab mahasiswa kelas eksperimen L hitung= 0,165 dan L Tabel pada sampel 50 murid pada tingkat signifikansi = 0,173. Maka nilai L hitung lebih kecil dari L tabel. Dan Uji Normalitas dari hasil keterampilan membaca bahasa arab mahasiswa kelas kontrol L hitung= 0,157 dan L Tabel pada sampel 50 murid pada tingkat signifikansi = 0,173. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, maka nilai yang diperoleh sebesar 2,23 sedangkan harga pada taraf signifikan = 0,05 dengan derajat kebebasan (n-2)=48 sebesar 1,671. Maka harga > harga . Dengan demikian, hipotesis nol ( ) yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh Metode Reciprocal Teaching terhadap Hasil Keterampilan Membaca Mahasiswa ditolak, sedangkan hipotesis penelitian ( ) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd. ; 2). Mohamad Sarip, M.A |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 11 May 2022 03:57 |
Last Modified: | 11 May 2022 03:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27944 |
Actions (login required)
View Item |