SISKA PARAMITA FAJARANI, . (2017) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JEPANG (PENELITIAN EKSPERIMEN DI KELAS XI IPA C SMA NEGERI 58 JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING.pdf Download (5MB) |
Abstract
Salah satu kesulitan yang dihadapi orang asing ketika belajar bahasa Jepang diantaranya karena adanya perbedaan antara bahasa ibu mereka dengan bahasa Jepang dan aspek yang paling mencolok dalam bahasa Jepang dengan bahasa ibu mereka adalah pada ucapan dan huruf pada bahasa Jepang. Maka, aspek berbicara merupakan hal yang perlu dilatih dan dipelajari, meskipun termasuk aspek yang sulit dalam mempelajari bahasa Jepang. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran untuk menunjang pembelajaran berbicara bahasa Jepang. Salah satunya dengan model Project Based Learning yang dirasa cocok untuk pembelajaran bebicara bahasa Jepang. Karena model pembelajaran ini mempunyai kelebihan untuk meningkatkan motivasi dan percaya diri. Sehingga dapat melatih siswa untuk berani berbicara bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kemampuan berbicara bahasa Jepang sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan berbicara bahasa Jepang sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based Learning, mengetahui efektivitas model Project Based Learning dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang dan mengetahui tanggapan model Project Based Learning dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah SMAN 58 Jakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA C yang berjumlah 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes lisan berupa wawancara dan tes tertulis berupa angket. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang di SMA Negeri 58 Jakarta terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 59.89 nilai ratarata posttest sebesar 88.56, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 28.67. Hasil penelitian berdasarkan pada taraf signifikansi 5 % pada pada derajat kebebasan (db) = 70 maka didapatkan ttabel sebesar 1.99. Dengan hasil thitung 10.43 berarti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel) sehingga HK diterima dan HO ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning efektif dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang. One thing of the difficulty foreigner when they studied Japanese language because there is differences from their own language with Japanese language and the most aspect within Japanese language and own language is in the vocal speaking and alphabetizes . So, aspect speaking is one thing to be trained and studied, although this is the most difficult aspects of Japanese learning. So we need a learning model to support speaking learning with Japanese language. One of the model is Project Based Learning is support for learning Japanese speaking, because this learning model has advantages to increase the motivate and self confidence, so student can practice to be confident for speaking Japanese language. The purpose of this research for to know the capacity speaking Japanese language before and after use the Project Based Learning, to know the effectiveness PBL Model in the speaking learning of Japanese Language. The Model of this research is used experiment model One-Group Pretest-Posttest Design. The population of this research is students in SMAN 58 Jakarta academic period 2015/2016 which there is differences average pretest value 59.89, and the average posttest value is 88.56, so there is differences average value 28.67. the result for this research depend on significance level 5% with the tolerance = 70 for ttabel 1.99. from the result of t account 10.43 it means the value of t account more than t table (thitung > ttabel), so accepted HK and rejected HO. The conclusion is PjBL Model is effective for the speaking Japanese language.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Nur Saadah, M. Pd. 2). Viana Meilani Prasetio, S.S., M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 06:39 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 06:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27950 |
Actions (login required)
View Item |