Rhetorische Figuren Headline Iklan Kosmetik Pada Majalah Freundin

OKTI HALIMURTI, . (2015) Rhetorische Figuren Headline Iklan Kosmetik Pada Majalah Freundin. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi cover final okti.pdf

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
bab1,2,3.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Bab 4.1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Bab 4.2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.3.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB 4.0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)

Abstract

Iklan merupakan pesan yang membujuk pembacanya agar membeli produk yang ditawarkan melalui sebuah media. Untuk membuat kalimat dalam iklan persuasif, maka diperlukan rhetorische Figuren, yaitu kemampuan dalam membaca dan menulis untuk mempersuasi pembacanya, oleh karena itu rhetorische Figuren kerap digunakan terutama pada iklan dalam media cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis rhetorische Fguren yang terdapat dalam kalimat headline iklan kosmetik majalah“Freundin“ terbitan tahun 2014. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penelitian ini menggunakan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 110 rhetorische Figuren yang ditemukan dalam 107 iklan kosmetik dalam majalah Freundin. Rhetorische Figuren yang ditemukan tersebut terdiri atas 24 rhetorische Figuren jenis Hyperbell, 14 jenis Metapher, 12 Metonimie , 10 Ellipse,9 Personifikation, 8 Endreim, 6 Hypotasierung, 5 Anapher, 5 Synekdoche, 4 Antithese, 4 Gemination, 2 Ironie, 2 Euphemismus, 1 Alliteration, 1 Epipher , 1 Parallelismus, 1Klimax, dan 1 Rhetorische Frage Pada penelitian ini jenis rhetorische Figuren yang mendominasi adalah Hyperbell, karena Hyperbell merupakan ungkapan yang melebih – lebihkan sesuatu, sehingga dapat membuat kalimat lebih persuasif bagi pembaca iklan kosmetik, agar membeli produk yang ditawarkan. Hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif bagi pembelajar bahasa Jerman dalam menganalisis iklan dan memahami rhetorische Figuren yang terdapat dalam kalimat iklan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. RR. Kurniasih RH, M.A. ; 2). Dra. Rina Agustin,M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 05:05
Last Modified: 11 May 2022 05:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27954

Actions (login required)

View Item View Item