PERSEPSI SISWA SMK TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PKM PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN

REGITA JULIANTI, . (2015) PERSEPSI SISWA SMK TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PKM PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lengkap - Regita Julianti.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMK tentang keterampilan mengajar mahasiswa PKM Progam Keahlian Teknik Bangunan. Tempat penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 58 Jakarta, dan SMKN 1 Cibinong yang dilakukan pada bulan April-Mei 2015. Metode penelitian ini menggunakan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mendapat pembelajaran bersifat teori dari 17 mahasiswa PKM jurusan Teknik Sipil semester 102 Universitas Negeri Jakarta di SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 58 Jakarta, dan SMKN 1 Cibinong Program Keahlian Teknik Bangunan sebanyak 532 orang dengan jumlah sampel sebanyak 221 orang yang diambil menggunakan tenik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mendapatkan data persepsi siswa tentang keterampilan mengajar mahasiswa PKM Program Keahlian Teknik Bangunan. Pengolahan data kuesioner sudah valid dan reliabel didapat tingkat reliabilitas sangat tinggi dengan r11= 0,956 dengan butir pertanyaan sebanyak 32 butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PKM sudah terampil dalam keterampilan bertanya (84%), keterampilan memberikan variasi (68%), keterampilan menjelaskan (67%), keterampilan mengelola kelas (71%), keterampilan membuka dan menutup pelajaran (69%), keterampilan membimbing kelompok kecil (66%) dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan (68%). Akan tetapi dalam hal keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mahasiswa PKM masih terbilang rendah (49%). *This research aimed to understand students’ perception about PKM students teaching skills majoring in building technique. The research took places in SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 58 Jakarta, and SMKN 1 Cibinong in between April-May 2015. The method used in this research is the Survey method. The subjects of this research were the student from the 10th grade that are taught theoretically by the teachers from the PKM program from Civil Engineering, State University Of Jakarta 102 semester, while the population consists of the student from SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 58 Jakarta, and SMKN 1 Cibinong Program Building Engineering expertise as much as 532 students in those vocational schools, and 221 samplers were taken by purposive sampling method. The instruments used in this research to collect the data about the students perception, are questionnaire about students perception on PKM students teaching skills majoring in building technique. The data processing is valid and reliable, with very high reliability number of r11= 0,956, with 32 numbers of questions. The result shows that the PKM students are skilled already in questioning (85%), giving variation (68%), explaining (67%), class management (72%), starting and closing the lesson (69%), guiding small groups (67%), and teaching small groups and individual (70%). Yet in giving reinforcement, it is still considered as low (49%)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Tuti Iriani, M.Si ; 2). R.Eka Murtinugraha, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 05:15
Last Modified: 11 May 2022 05:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27968

Actions (login required)

View Item View Item