MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

ANASTASIA YAMLEAN, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SDN GUNTUR 09 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI _ ANASTASIA YAMLEAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan tentang Pesawat Sederhana melalui Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Guntur 09 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan yang berlokasi di Jl. Sumbing No 30 Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Hasil pada siklus I sebesar 51,42% dari jumlah siswa sebanyak 35 siswa sudah mencapai skor hasil belajar IPA ≥ 70. Pada siklus II sebesar 80% dari jumlah siswa sebanyak 35 siswa sudah mencapai hasil belajar IPA ≥ 70. Peningkatan hasil belajar pada siklus II membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL) dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA sehingga hasil belajar siswa pada pelajaran IPA yang diperoleh akan semakin meningkat. This classroom action research aims to analyze the improvement of learning outcomes in the fifth grade students of SDN 09 Pagi Guntur Setiabudi, South Jakarta on Plane Simple through Problem Based Learning (PBL). This research was conducted at SDN 09 Pagi Guntur Setiabudi, South Jakarta, located on Sumbing road No. 30 Setiabudi subdistrict South Jakarta. This classroom action research conducted using classroom action research of Stephen Kemmis and Mc. Taggart with four stages of each cycle is the planning, implementation, observation and reflection. Results in the first cycle of 51.42% of the total number of students by 35 students have achieved a score ≥ 70. Science learning outcomes In the second cycle by 80% of the number of students as many as 35 students have reached the learning outcomes IPA ≥ 70. Improved learning outcomes in the second cycle prove that learning by using problem based learning model can improve learning outcomes IPA. The implication of this research is a model of Problem Based Learning (PBL) can be applied in science teaching that student learning outcomes in science lessons gained will increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd. ; 2). Drs. Sutrisno, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 11 May 2022 05:16
Last Modified: 11 May 2022 05:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27970

Actions (login required)

View Item View Item