PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X TPM DI SMKN 5 JAKARTA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK

SILMI NUR FITRIANA, . (2017) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X TPM DI SMKN 5 JAKARTA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Silmi Nur Fitriana 5315125283 Skripsi.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas X TPM SMKN 5 Jakarta pada mata pelajaran Gambar Teknik setelah menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan desain penelitian model Kemmis & Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Jakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas X TPM 1. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Uji validasi instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstruk dengan menggunakan Corelation Product Moment, sedangkan uji reliabilitas adalah dengan menggunakan Alfa Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Hasil minat belajar siswa sebelum penerapan tindakan TGT sebesar 3 siswa (10,34%) mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata skor 59,70. 2) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran TGT dalam Gambar Teknik, dilakukan dengan langkah-langkah: a) memperkenalkan tujuan pembelajaran b) mengatur murid dalam kelompok (heterogen), c) memulai permainan d) mengadakan tunamen e) penghargaan f) evaluasi. 3) Presentase aktivitas siswa pada siklus pertama dengan rata-rata 74,48%, pada siklus ke dua dengan rata-rata 89,31%. Sehingga terjadi peningkatan presentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 14,83%. 4) Presentase minat belajar siswa pada siklus pertama sebesar 20 siswa (68,97%) dengan rata-rata skor 78,52, pada siklus ke dua sebesar 29 siswa (100%) dengan rata-rata skor 90,28. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran TGT dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X TPM 1 di SMKN 5 Jakarta pada mata pelajaran Gambar Teknik. This class action research aims to determine increased student interest in learning class X TPM SMKN 5 Jakarta for Technical Drawing subject after implementing cooperative learning approach type Team Games Tournament (TGT). This research is a classroom action research that consists of two cycles of research design models Kemmis & Taggart. Flow classroom action research consisted of 1) planning, 2) action, 3) observation, 4) reflection. Classroom Action Research was conducted at SMKN 5 Jakarta. Subjects in this study were 29 students of class X TPM 1. Methods of data collection using the method of observation and questionnaires. Validation construct instrument in this study using content validity by Correlation Product Moment, while the reliability test is using Alpha Cronbach. The results showed that; 1) The results of students learning interest prior to application of the measures TGT by 3 students (10,34%) reached a value of minimum completeness criteria with an average score of 59,70. 2) The application of learning type TGT approach for Technical Drawing subject, performed by the steps of: a) introducing learning objectives b) organize the students into groups (heterogeneous), c) start the game d) set up tournaments e) award f) evaluation. 3) Percentage of students in the first cycle of activity with an average of 74,48%, in the second cycle with an average of 89,31%. Resulting in an increased percentage of student activity from the first cycle to the second cycle of 14,83%. 4) The percentage interest of students in the first cycle of 20 students (68,97%) with an average score of 78,52, the second cycle by 29 students (100%) with an average score of 90,28. Based on these results it can be concluded that the type TGT learning approach can increase interest of learning among students of class X TPM 1 in SMKN 5 Jakarta for Technical Drawing subject.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Hj. Zulfiati, M.Pd 2) Ferry Budhi Susetyo, ST., MT., M.Si
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Apr 2022 07:04
Last Modified: 25 Apr 2022 07:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/27974

Actions (login required)

View Item View Item