MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT (HUSEMAS) DI SDN PENINGGILAN 02 KOTA TANGERANG

NUZLAH AULIA, . (2018) MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT (HUSEMAS) DI SDN PENINGGILAN 02 KOTA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (130kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (248kB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (164kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan sekolah dengan masyarakat (HUSEMAS) di SDN Peninggilan 02 Kota Tangerang, dengan sub fokus perencanaan program husemas dan evaluasi program husemas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan program hubungan sekolah dengan masyarakat di mulai dari awal tahun ajaran. Perencanaan di rancang dengan melihat kondisi dan kebutuhan yang ada di sekolah dengan mempertimbangkan dana, waktu, prestasi peserta didik, dan keinginan wali murid. Adapun pihak yang terlibat pada proses perencanaan program adalah seluruh warga sekolah seperti; Kepala Sekolah, Guru, Pegawai/Staff, dan Komite Sekolah. SDN Peninggilan 02 juga memiliki hubungan mitra kerja pada instansi Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan (Puskesmas), Kemenpora, Lingkungan Hidup (LH), Kepolisian. Namun hubungan yang terjalin antara sekolah dengan instansi-instansi tersebut sifatnya incidental. (2) Evaluasi program hubungan sekolah dengan masyarakat di SDN Peniggilan 02 dilakukan beberapa tahapan yaitu evaluasi tahap persiapan, evaluasi tahap pelaksanaan dan evaluasi tahap akhir. Pada proses evaluasi dirasakan kurang optimal karenanya masih ada kendala yang dihadapi saat evaluasi seperti kendala waktu. Proses evaluasi melibatkan semua warga sekolah. Tujuannya agar program yang sudah dilaksanakan dapat diketahui kekurangan dan kelebihannya. Bentuk evaluasi yang dilakukan melalui rapat yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan penanggung jawab program dan hasil evaluasi diinformasikan pada seluruh warga sekolah melalui media elektronik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eliana Sari, M.M 2) Dr. Desi Rahmawati M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 15 Jan 2020 10:43
Last Modified: 15 Jan 2020 10:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item View Item