REGISTER GURU DALAM KELAS BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS XI DI SMAN 22 JAKARTA.

SESILIA RAHAYU VERDINA, . (2017) REGISTER GURU DALAM KELAS BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS XI DI SMAN 22 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Sesilia Rahayu Verdina_2215121525.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis classroom register yang sering digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar dan fungsi classroom register di setiap tahap pembelajaran dengan menggunakan analisis wacana kelas. Bahasa guru yang diperoleh dalam penelitian ini, dianalisis menggunakan konsep classroom register dari Christie (2002) dan mengidentifikasi fungsi bahasa guru mengacu pada Halliday (2004). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 221 instructional register dan 179 regulative register dari 420 ucapan guru. Regulative register pada tahap membuka pelajaran digunakan sebesar 14%, di tahap menutup pembelajaran sebesar 83%, dan di tahap menutup pembelajaran sebesar 3%. Sedangkan, Instructional register pada tahap membuka pelajaran digunakan sebesar 9%, pada tahap inti pembelajaran digunakan sebesar 90%, di tahap menutup pembelajaran digunakan sebesar 1%. Regulative register yang muncul pada tahap membuka pelajaran berfungsi untuk memberi perintah dan menyatakan aturan-aturan di dalam kelas. Pada tahap inti pembelajaran, regulative register berfungsi untuk memberi perintah yang berkaitan dengan penataan kelas dan meminta siswa untuk membaca. Pada tahap menutup pembelajaran , register ini berfungsi untuk memberi perintah kepada siswa untuk melanjutkan tugasnya di rumah. Sedangkan, instructional register yang muncul pada tahap membuka pelajaran berfungsi untuk menjelaskan topik yang akan dipelajari dan bertanya tentang topik tersebut untuk mengaktifkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa. Pada tahap inti pembelajaran, intructional register berfungsi untuk menjelaskan materi, memeriksa pemahaman siswa, memberi umpan balik, memberi pujian, sedangkan pada tahap menutup pembelajaran, instructional register berfungsi untuk memberikan umpan balik. This study is aimed at finding out the classroom register types mostly used in teaching learning process and the functions of the registers in each learning stages, using classroom discourse analysis. The teacher’s utterances were analyzed based on the concept of classroom registers proposed by Christie (2002) and identifying the functions based on moves by Halliday (2004). Results of this study showed that there were 221 instructional registers and 179 regulative registers from 420 teacher’s utterances. Regulative register is used 14% in opening, 83% in the main lesson delivery, and 3% in closing. Instructional register is used 9% in opening, 90% in the main lesson delivery and 1% in closing. Regulative registers appeared in opening to give command and to state the rules to manage the classroom. In the main lesson delivery, the registers functioned to give command mostly for managing and ordering students to read the passage. In closing, the registers functioned to give command mostly for continuing the task at home. On the other hand, instructional registers appeared in opening to explain the topic that is going to be learned and to ask the students background knowledge. In the main lesson delivery, the registers functioned to explain the material, to check student’s understanding, to give feedback and to give praise, while in closing the register functioned to give feedback.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rutsje Helena Damonglilala, M.Pd. 2). Dr. Sri Sumarni, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:47
Last Modified: 26 Apr 2022 01:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28002

Actions (login required)

View Item View Item