PERTANYAAN MENGGALI DI KELAS BAHASA INGGRIS: PENELITIAAN TERKAIT PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA BAHASA INGGRIS TAHUN 2016

SELVIA GUMAY, . (2017) PERTANYAAN MENGGALI DI KELAS BAHASA INGGRIS: PENELITIAAN TERKAIT PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA BAHASA INGGRIS TAHUN 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Selvia Gumay.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pertanyaan menggali sebagai bagian dari kemampuan dasar mengajar menjadi aspek yang penting dalam aktivitas pembelajaran untuk menggali pemikiran yang lebih tinggi dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi tipetipe pertanyaan menggali yang digunakan oleh guru praktik Jurusan Bahasa Inggris tahun 2016 Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini mengimplementasikan metodologi kualitatif dimana pengamatan kelas menjadi fokus penelitiannya. Data dari penelitian ini adalah ungkapan pertanyaan menggali yang ditanyakan oleh guru praktik selama proses belajar pembelajaran berlangsung. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi kelas. Sumber data penelitian ini adalah 3 mahasiswa PKM Bahasa Inggris dan peserta didik dari 3 kelas di SMP Negeri 97 dan SMP Negri 139. Hasil dari penelitian ini adalah ratarata semua tipe pertanyaan menggali ditemukan pada mahasiswa PKM Bahasa Inggris, namun hanya 1 mahasiswa yang menggunakan semua tipe pertanyaan menggali dan pertanyaan menggali tipe prompting adalah tipe yang paling sering digunakan oleh guru praktik. Penelitian ini juga menunjukkan bahawa pertanyaan menggali digunakan pada saat sesi menerangkan materi dalam proses belajarpembelajaran dalam kelas Bahasa Inggris. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa peserta didik bisa merespon pertanyaan menggali yang digunakan oleh guru praktik dengan berfikir secara benar dan lebih kritis ketika guru menggali pengertahuan mereka dengan pertanyaan menggali. Probing question as part of basic teaching skills becomes a substantial aspect in teaching learning activities to dig up students’ higher order thinking. This study aimed to investigate the types of probing questions used by English Department practice teachers year 2016 of State University of Jakarta. This study implemented qualitative research which focused on classroom observation. Data of this study were probing question utterances asked by practicesd teacher during teaching learning process. The instrument of this study was classroom observational sheet. The data source of this study were 3 English Department PKM students and students of 3 class in SMP Negeri 97 and SMP Negeri 139. The result of the study is in average all types of probing questions found in three English Department PKM students, however only 1 student employed all types of probing question and prompting probing question is the most frequent used by the practice teachers. The study also showed that probing question used in delivering material section in English teaching-learning process. The study also showed that the students were able to respond probing questions used by practice teacher by think correctly and critically while the teacher probed them with probing questions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd. 2). Dr. Zuharty, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:56
Last Modified: 26 Apr 2022 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28010

Actions (login required)

View Item View Item