ANALISIS VARIASI TEKANAN KOMPRESI YANG MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE, PERTAMAX TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT MATIC 108CC

SETO AMBRAN, . (2017) ANALISIS VARIASI TEKANAN KOMPRESI YANG MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PREMIUM, PERTALITE, PERTAMAX TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT MATIC 108CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SETO AMBRAN1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tekanan kompresi terhadap daya dan torsi pada sepeda motor honda beat 108 cc dengan menggunakan bahan bakar premium, pertalite, pertamax agar dapat mengetahui bahan bakar mana yang baik untuk sepeda motor honda beat 108 cc. Dalam penelitian ini, pengujian yang dilakukan adalah pengujian dengan variable tekanan kompresi 60 Psi, 80 Psi, 90 Psi. Dan dengan penggantian piston standar ke piston dome. Proses pengujian diawali dengan penggantian piston dome, dilanjutkan dengan dynotest dengan menggunakan bahan bakar yang berbeda, setiap pengujian diambil 3 kali test dengan variabel tekanan kompresi dan cara pengendalian yang berbeda. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan hasil torsi dan daya setelah dikonversi pada tekanan kompresi 60 Psi menunjukan menggunakan bahan bakar pertalite dengan hasil 4,7 ft-lbs dan 6,1 Hp.sedangan dengan tekanan kompresi 80 Psi, 90 Psi menunjukan menggunakan bahan bakar pertamax dengan hasil 5,1 ft-lbs dan 6,7 Hp, 7,8 ft-lbs dan 8 HP. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan hasil daya dan torsi dengan menggunakan bahan bakar pertalite dan pertamax pada tekanan kompresi 80 Psi, 90 Psi. This research aims to known the difference in compression pressure between power and torque on the Honda cycles 108cc honda beat with premium, Pertalite, pertamax fuel in order to get know which fuel is better for the motorcycle honda beat 108 cc. In this research, the test is a calibration with variable pressure compression such as 60 Psi, 80 Psi, 90 Psi. And with standard piston replacement to dome piston. The examination process begins with the replacement of the dome piston, continued with a dynotest using a different fuel, each test taken 3 times with variable compression pressure and different control measures. Based on the test results, obtained torque and power results after converted at compression pressure of 60 Psi show using Pertalite fuel with 4.7 ft-lbs and 6.1 Hp outcome. at the same time with compression pressure 80 Psi, 90 Psi show using pertamax fuel with 5.1 ft-lbs and 6.7 hp, 7.8 ft-lbs and 8 HP outcome. Based on the results obtained power and torque results by using Pertalite and Pertamax fuels at compression pressures of 80 Psi, 90 Psi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr Darwin Rio Budi Syaka, S.T., M.T 2) Triyono, ST., M,Eng
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:01
Last Modified: 26 Apr 2022 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28016

Actions (login required)

View Item View Item