PERBANDINGAN KARAKTERISTIK GERAK DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENCAK SILAT SENI DAN TARI RANDAI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

PUTRI HANDAYANI, . (2015) PERBANDINGAN KARAKTERISTIK GERAK DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENCAK SILAT SENI DAN TARI RANDAI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Putri Handayani.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan deskripsi yang lengkap mengenai pendidikan karakter pada gerak dan kegiatan pembelajaran pencak silat seni prestasi kategori tunggal di Padepokan Pencak Silat Indonesia untuk contoh pembelajaran pendidikan seni tari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif analisis. Proses penelitian berlangsung pada bulan Maret hingga Mei 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kegiatan wawancara, observasi dan studi pustaka. Teknik analisis dataterdiri dari tahap reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan data, dengan teknik analisis “Triangulasi” berbagai sumber data dan metode. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan karakter pada pencak silat seni prestasi kategori tunggal dan tari randai terdapat pada sebagian gerak dan seluruh tahapan kegiatan pembelajaran. Melalui gerak nilai-nilai terswbut terlihat pada gerak salam pembuka alif pada nilai beriman, salam pembuka memohon perlindungan pada nilai memohon perlindungan, salam pembuka salat pada nilai memohon kekuatan lahir batin, salam pembuka hormat pada nilai menjalankan kewajiban yang mewakili aspek mental-spiritual pada pilar takwa. Gerak sikap pasang samping pada nilai berani, gerak kuda belakang pada nilai waspada, pasang serong selewa pada nilai antisipatif yang mewakili aspek olahraga pada pilar tanggap. Gerak sikap pasang samping kuda-kuda depan dan dikap pasang bawah pada nilai inisiatif yang mewakili aspek beladiri pada pilar tanggon. Pada kegiatan pembelajaran,aspek mental spiritual terlihat pada tahap awal dan akhir. Pada aspek olahraga beberapa nilai terlihat pada tahap inti dan selebihnya terlihat pada tahap akhir seluruh tahap kegiatan pembelajaran. Pada aspek beladiri beberapa nilai terlihat pada tahap inti. tahap akhir, dan seluruh tahap kegiatan pembelajaran. Pada aspek seni nilai-nilai terlihat pada tahap awal dan tahap inti kegiatan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran tari randai pada tahap inti. Pencak silat seni prestasi kategori tunggal memiliki persamaan karakteristik gerak dengan galombang pambuka randaiyang dapat dijadikan materi tari yang menjadikan pencak silat sebagai unsur geraknya.Dapat disimpulkan bahwa tari dan pendidikan karakter dapat menjadi alternative pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. ; 2). B. Kristiono Soewardjo, SE.,S.Sn.,M.Sn.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 10 May 2022 01:12
Last Modified: 10 May 2022 01:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28031

Actions (login required)

View Item View Item