Analisis Ungkapan Eufimisme (Enkyokuhou) dalam Bahasa Jepang Tingkat Dasar (Kajian Terhadap Buku Minna no Nihongo I dan II)

DEA AYU OKTAVIANI, . (2015) Analisis Ungkapan Eufimisme (Enkyokuhou) dalam Bahasa Jepang Tingkat Dasar (Kajian Terhadap Buku Minna no Nihongo I dan II). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP DEA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
SKRIPSI DEA AYU OKTAVIANI 2915106641.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eufimisme (enkyokuhou) merupakan salah satu budaya berbahasa yang berada di Jepang. Enkyokuhou adalah ungkapan yang digunakan secara tidak langsung, atau memutar. Ungkapan tersebut berfungsi agar tidak melukai lawan bicara dan tidak menimbulkan kesalah pahaman. Banyak pembelajar Bahasa Jepang yang tidak mengetahui mengenai enkyokuhou khususnya pada mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Pada dasarnya, secara tidak sadar pembelajar sudah diajarkan mengenai enkyokuhou, maka dari itu, penelitian ini sangat penting untuk dibahas. Penelitian mengenai enkyokuhou ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan berbagai ungkapan enkyokuhou yang terdapat pada buku ajar Minna No Nihongo I dan II. Penelitian ini membahas tentang ungkapan dan fungsi dari enkyokuhou . untuk pengumpulan data digunakan studi kepustakaan. Analisis dengan menggunan pendekatan sosiolinguistik dan pragmatik, lalu menggunakan teori Kandori dan Muramatsu untuk pembentukan dan mengklasifikasian enkyokuhou yang terdapat pada buku ajar Minna No Nihongo I dan II. Berdasarkan hasil analisis mengenai enkyokuhou ditemukan 3 jenis enkyokuhou yaitu sebagai penolakan, permohonan, dan ajakan. Sedangkan enkyokuhou yang berfungsi untuk mengungkapkan sesuatu yang sarkasme tidak ditemukan. Selain itu, enkyokuhou yang sering digunakan dalam kaiwa yang terdapat pada buku ajar Minna No Nihongo I dan II adalah enkyokuhou yang berfungsi sebagai permohonan. Penelitian ini dapat diimplikasikan pada mata kuliah kaiwa dan sakubun. Karena penelitian ini membahas mengenai salah satu variasi bahasa dalam bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Frida Philiyanti, M.Pd. ; 2). Cut Erra Rismorlita, M.Si.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 10 May 2022 01:16
Last Modified: 10 May 2022 01:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28035

Actions (login required)

View Item View Item