ARTY NOVIONANDARI R, . (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS GERAK SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIMES GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SMPN 1 PARAKANSALAK KABUPATEN SUKABUMI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ARTY NOVIONANDARI R.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas gerak tari pada pembelajaran seni tari bagi siswa\i kelas VIII SMPN 1 Parakansalak Kabupaten Sukabumi melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai November di SMPN 1 Parakansalak Kabupaten Sukabumi dan dilakukan dengan model siklus Kutr Lewin. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran tari dengan menggunakan model pembelajaran tipe TGT pada pretest memperoleh skor rata-rata kelas 53, pada siklus I memperoleh skor rata-rata kelas 64, dan siklus II memperoleh skor rata-rata 82. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan kreativitas gerak tari siswa dalam pembelajaran seni tari dengan langkah pembelajaran seperti penyajian kelas, belajar dalam kelompok, permainan, pertandingan, dan pemberian penghargaan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pencapaian pada setiap siklus. Rekomendasi penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas gerak yang dimiliki oleh siswa dalam kegiatan belajar merangkai gerak tari . This research aims to improve the creativity of dance movements on learning the art of dance for students of grade VIII in junior high school 1 Parakansalak district Sukabumi through learning carried out TGT. This research conducted in September and November in junior high school 1 Parakansalak district Sukabumi and conducted by using Lewin Kutr cycle model. The research results showed the process of dance learning using learning model type TGT at pretest obtained an average score class 53, on cycle I gained an average score 64, and the cycle II obtained an average score 82. The results of the data value of the creativity of the motion on a cycle I Gained an average score 64, cycle II obtained an average score 82. Thus the learning model cooperative type TGT is one of the ways that can enhance the creativityof dance students motion in learning the art of dance. This is evidenced by an increase in score achievement on each cycle. The recommendations of this research is that the cooperative learning model type TGT can be used as one of the learning models that can improve the creativity of the motion which is owned by the student in constructing the learning activities of dance movements.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Dwi kusumawardani,.M.Pd. 2) Tuteng Suwandi, .Kar.,M.Pd. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:26 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28039 |
Actions (login required)
View Item |