GAMBARAN KARAKTERISTIK WAJAH GURU YANG DISUKAI BERDASARKAN PERSPEKTIF MURID SEKOLAH DASAR

MIRDAS AL - ASY ’ARY, . (2017) GAMBARAN KARAKTERISTIK WAJAH GURU YANG DISUKAI BERDASARKAN PERSPEKTIF MURID SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Gambaran Karakteristik Wajah Guru yang DIsukai Berdasarkan Perspektif Murid Sekolah Dasar_UPT.pdf

Download (6MB)

Abstract

Guru selain harus memiliki mutu, kualitas dan kompetensi akademik yang baik juga ada kompetensi pedagogik dalam komponen perilaku non-verbal yaitu wajah. Karakteristik wajah guru dibagi kedalam empat tipe, yakni: Anomalous Face, Baby Face, Emotion Face dan Familiar Face. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, teknik pengambilan data menggunakan Skala Guttman, Skala Likert dan Manipulasi Cek untuk mengkontrol partisipan tidak pernah melihat karakteristik wajah guru yang disajikan sebelumnya. Dalam pengambilan data, karakteristik wajah guru dibandingkan dengan karakteristik wajah guru lainnya. Berdasarkan perspektif murid sekolah dasar pada sampel penelitian, hasilnya adalah karakteristik wajah guru Familiar Face laki-laki dan karakteristik wajah guru Emotion Face perempuan memiliki nilai paling tinggi. Dengan demikian, karakteristik wajah guru Familiar Face laki-laki dan karakteristik wajah guru Emotion Face perempuan adalah karakteristik wajah guru yang disukai murid sekolah dasar. Kata Kunci : Karakteristik Wajah, Guru, Pendidikan In addition to the teacher must have the quality of academic competence, quality and a good pedagogic competence also exists in non-verbal behavior components face. The characteristics of teacher's face is divided into four types: Anomalous Face, Baby Face, Emotion Face and Familiar Face. This research is descriptive research, data retrieval technique using the Likert Scale, Guttman Scale and Manipulation Cchecks for participants control never see facial characteristics of the teachers presented earlier. In data retrieval, facial characteristics of teachers compared with other teachers face characteristics. Based on the perspective of primary school students in the research sample, the result is the characteristic of the teacher's face Familiar Face menservants and characteristic facial Emotion Face female teachers have the highest value. Result shows that familiar face characteristics for male teachers and emotion face characteristics for female teachers have the highest scores.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Gumgum Gumelar, M.Si 2) Mira Ariyani, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:07
Last Modified: 26 Apr 2022 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28095

Actions (login required)

View Item View Item