ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMILIHAN KOSMETIK LIPSTIK

SABRINA LIZZIA PUTRI, . (2017) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMILIHAN KOSMETIK LIPSTIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SABRINA_5535127643.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atribut Lipstik yang menjadi preferensi konsumen dan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan memilih Lipstik di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan cara pelaksanaan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Lipstik yang berada di Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Insidental dengan jumlah responden 149 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis Chi-Square dan analisis multiatribut Fishbein. Hasil uji Chi-Square yang diperoleh dari perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 16.0 pada analisis preferensi konsumen dalam memilih lipstik terhadap atribut wangi Lipstik pada bagian Asymp. Sig sebesar 0,004 < 0,005. Terhadap atribut warna pada bagian Asymp. Sig sebesar lipstik 0,004 < 0,005. Terhadap atribut kemasan lipstik pada bagian Asymp. Sig sebesar 0,004 < 0,005. Terhadap atribut harga lipstik pada bagian Asymp. Sig sebesar 0.004 < 0.005. Terhadap atribut merk lipstik pada bagian Asymp. Sig sebesar 0.004 < 0.005. Terhadap atribut bentuk lipstik pada bagian Asymp. Sig sebesar 0.004 < 0.005. Terhadap atribut Jenis lipstik pada bagian Asymp. Sig sebesar 0.004 < 0.005. Maka dapat disimpulkan bahwa HO ditolak, yang artinya terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap lipstik. Dari Hasil analisis uji multiatribut Fishbein, atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan memilih Lipstik pada Mahasiswa/i di Universitas Negeri Jakarta, berturut-turut dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah harga, aroma, merk, warna, jenis, kemasan, bentuk lipstik. This study aims to identify the frequency distribution of lipstik cosmetic knowledge in terms of packaging, price, brand, color, shape, aroma and lipstik type in the decision to choose Lipstik at Universitas Negeri Jakarta. This research is conducted at Universitas Negeri Jakarta. The method used in this research is descriptive method conducted through survey. The population in this research is the consumer of Lipstik at Universitss Negeri Jakarta. The sampling technique used in this research is the Incidental Sampling Technique with 149 respondents. The analysis used in this research are the Chi-Square analysis and the Fishbein multi-attribute analysis. Chi-Square test results obtained from the calculation using SPSS 16.0 on the analysis of consumer preferences in choosing a lipstik against the attributes of the Lipstik’s fragrance on the Asymp.Sig is of 0.004 <0.005; Against the color attributes of the lipstik the Asymp. Sig is 0.004 <0.005; Against the attributes of lipstik packaging, the Asymp.Sig is 0.004 <0.005; Against the attributes of lipstik price, the Asymp Sig is 0.004 <0.005; Against the attributes of the lipstik brand, the Asymp Sig is 0.004 <0.005; Against the attributes of the lipstik shape, the Asymp Sig is 0.004 <0.005; Against the lipstik type attribute, the Asymp Sig is of 0.004 <0.005. Based on the analysis, it can be concluded that the HO is rejected, which means that there are differences in consumer preferences of lipstik. From the results of the Fishbein multi-attribute test analysis, the attributes that are most considered by consumers in choosing a Lipstik based on the students of Universitas Negeri Jakarta, respectively from the most considered to the least considered are lipstik price, aroma, brand, color, type of lipstik, packaging, and shape.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Titin Supiani, M.Pd 2) Dra. Lilis Jubaedah, M. Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:19
Last Modified: 26 Apr 2022 03:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28096

Actions (login required)

View Item View Item