PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA ARABIC CENTER (IAC) (STUDI ETNOGRAFI)

ROSDIANA NUR, . (2017) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA ARABIC CENTER (IAC) (STUDI ETNOGRAFI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran bahasa Arab di Indonesia Arabic Center (IAC). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Indonesia Arabic Center (IAC) yang beralamat di jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang bertempat di Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), dan dilaksanakan pada program mustaqilli reguler yang terdiri dari level 1, 2, 3, dan 4, sejak 29 Januari – 18 Juni 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Indonesia Arabic Center (IAC) berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi tujuan, materi, kegiatan, dan metode. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang telah dibuat oleh lembaga itu sendiri yang dilengkapi dengan bahan ajar/ buku paket. Adapun peserta berasal dari berbagai kalangan usia mulai dari siswa SMA hingga orang tua, juga berbagai pekerjaan, dan domisili (sebagian besar wilayah Jakarta) dan lain-lain. Dan semua pengajar merupakan alumni dari pondok pesantren, 6 dari 10 pengajar merupakan lulusan luar negeri, dan sebagian besar dari mereka merupakan alumni jurusan bahasa Arab. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia Arabic Center (IAC) ini adalah bertujuan agar siswa mampu memahami Al-Qur’an dan hadits, mampu membaca kitab-kitab Arab dengan terjemah lafdziah dan ma’nawiyah, terbiasa menerjemah teks Arab ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya, mampu menjelaskan kedudukan kalimat (I’rob) dengan baik, dan mampu bercakap-cakap dengan bahasa Arab (muhadatsah) dengan baik. Adapun materi pembelajaran bersumber dari buku "Al 'Arabiyyah Lighairil ‘Arab (Metode Mustaqilli)" karangan KH. Agus Shohib Khaironi, S.Ag. Lc. Buku ini merupakan buku wajib dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia Arabic Center (IAC) sesuai dengan tingkatannya. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode gramatikal terjemah, metode audio lingual, metode langsung, metode ceramah, metode diskusi, dan metode mustaqilli. Media pembelajaran hanya berupa media visual yaitu papan tulis dan buku paket. Sedangkan evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan pengajar Indonesia Arabic Center (IAC) berbentuk latihan lisan dan tertulis. Dalam hal ini guru tidak mengadakan ujian atau tes akhir seperti yang dilakukan pada sekolahsekolah pada umumnya. Deskripsi pembelajaran bahasa Arab yang dihasilkan melalui pengamatan penelitian kegiatan belajar siswa di dalam kelas terdiri dari kegiatan awal (pembukaan), kegiatan inti, dan penutup. Kegiatan pembelajaran pada level 1 dan 2 dilaksanakan selama 3 bulan, sedangkan level 3 dan 4 dilaksanakan selama 6 bulan. Hasil pembelajaran peserta cukup baik. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara guru yang menyatakan bahwa peserta memiliki kemajuan dalam belajar bahasa Arab. Demikian juga menurut hasil wawancara peserta mereka mengatakan bahwa mereka merasa puas dengan mengikuti pembelajaran di IAC yang menggunakan metode mustaqilli yang dianggap simple dan sederhana sangat membantu mereka untuk mencapai tujuan mereka mempelajari bahasa Arab, siswa terbiasa dalam menerjemahkan teks berbahasa Arab ke bahasa Indonesia dan sebaliknya, siswa merasa nyaman dengan pengajar maupun suasana di kelas, dan siswa juga dapat mengikuti kelas belajar lebih dari satu, kemudian juga terdapat kelas khusus bagi siswa yang merasa kurang faham tentang materi yang disampaikan pengajar. Namun masih terdapat beberapa kendala seperti seringnya siswa tidak menghadiri pertemuan dikarenakan sibuk dengan pekerjaannya, selain itu, pengajar tidak menggunakan media yang bervariasi sesuai dengan keterampilan bahasa Arab, serta tidak memiliki sistem evaluasi yang jelas. Oleh karena itu, hendaknya peserta lebih berkomitmen dalam mengikuti pembelajaran, dan juga para pengajar hendaknya dapat menggunakan media yang bervariasi sehingga materi yang disampaikan akan lebih mudah diserap oleh peserta. Selain itu, hendaknya guru juga memperbaiki sistem evaluasi pembelajaran agar lebih jelas. This research was carried out in IAC which is located at sisingamangraja street, Kebayoran Baru, south jakarta in Indonesia AlAzhar University (UAI), and implemented on a regular mustaqili program it consists of level 1, 2, 3, and 4, since 29 January – 18 June 2017. The result of this research show that learning Arabic in IAC went well and positive, both in terms of the purpose, content, events, and method. The curriculum that is used is a curriculum that has been made by the agency it self that comes with learning materials/book package. As for the participants came from a wide range of ages ranging starting from high school stedents until parents, as well as various workers, and domicile (most of he regions of Jakarta) and others. And all teacher staff is alumni of boarding schools, 6 out of 10 it is a graduate of the country and most of them is the alumni department of Arabic. The goals of instruction Arabic in IAC it is aimed make student able to understand the holy book of AlQuran and Hadist, are able to read the book of Arabic with translation the phrase and the meaning, are get used to it the translate Arabic texts to Indonesia language on the contrary, was able to explain the position of the sentence (I’rob) well, and was able to converse with Arabic language (muhadatsah) with better. As for a materials learning sourced from the book "Al 'Arabiyyah Lighairil ‘Arab (Metode Mustaqilli)" by KH. Agus Shohib Khaironi, S.Ag. Lc. This book is a textbooks in learning Arabic in IAC accordance with the level. The methods used in the study that is grammatical method, audio lingual method, direct method, method of lectures, discussion methods and the method mustaqili. The Media learning only with visual media it is in the board and a package books. Meanwhile, the evaluation of learning Arabic teaching in IAC that’s done are using the test of spoken and written. In this case the teacher does on hold an exam or final tests as done on schools in general. The description of learning the Arabic language generated by observation research is activities of student learning in the classroom it is from initial activities (opening), the core activities, and closing. Learning activities at level 1 and 2 are implement for 3 months, while in level 3 and 4 was carried on 6 months.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd. 2). M. Kamal Bin Abdul Hakim, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:24
Last Modified: 26 Apr 2022 03:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28101

Actions (login required)

View Item View Item