HUBUNGAN PENGETAHUAN DASAR KECANTIKAN RAMBUT TERHADAP PERILAKU SISWA DALAM PERAWATAN RAMBUT

RUSIANA TIGARA, . (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN DASAR KECANTIKAN RAMBUT TERHADAP PERILAKU SISWA DALAM PERAWATAN RAMBUT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dasar kecantikan rambut dengan perilaku siswa dalam perawatan rambut pada siswa tata kecantikan rambut di SMKN 9 Bandung. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 9 Bandung selama dua kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan metode survey korelasional dengan melibatkan populasi sebanyak 30 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 30 siswa kelas XI tata kecantikan rambut SMKN 9 Bandung karena menggunakan teknik populasi keseluruhan. Instrumen penelitian pengetahuan menggunakan tes pengetahuan berupa soal, sedangkan untuk perilaku siswa melalui kuesioner dengan metode Skala Likert. Keduanya terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data yang digunakan yaitu koefisien korelasi, koefisien determinan, uji t dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif pada pengetahuan dasar kecantikan rambut terhadap perilaku siswa dalam perawatan rambut di SMKN 9 Bandung. Nilai korelasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,866, koefisien determinan 75%, thitung 9,162 dengan nilai signifikansi = 0,000<0,05 dan persamaan regresi Y = 52,771+ 1,343X. Manfaat dan kegunaan pada penelitian ini adalah sebagai masukan pengetahuan dan informasi untuk siswa, dan siswa mampu melakukan perawatan rambut, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Dengan demikian semakin tinggi pengetahuan dasar kecantikan rambut siswa maka semakin baik perilaku siswa dalam perawatan rambut. This study aims to determine the relationship of basic knowledge hairstyling with student behavior in the hair care hairstyling student at SMKN 9 Bandung. This research was conducted at SMKN 9 Bandung during two meetings. This study uses correlational survey, involving a population of 33 students and the samples taken as many as 30 students of class XI hairstyling SMKN 9 Bandung. The knowledge research instrument using a test, whereas for student behavior through questionnaire with Likert Scale method. Both were first tested for validity and reliability. The data analysis method used is the correlation coefficient, determinant coefficient, t test and regression. The results of this study indicate that there is a positive relationship on the basis of knowledge of hairstyling student behavior in hair care at SMKN 9 Bandung. The benefits and usefulness of this research is as the input of knowledge and information for students, and the students were able to do a hair treatment, either for himself or for another person. The correlation value obtained equal to 0.866, the determinant coefficient 75%, t count 9.162 with a significance value = 0.000 &lt;0.05 and the regression equation Y=52,771+1,343X. Thus the higher the students’ basic knowledge of hair and beauty, the better the student’s behavior in hair care.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Titin Supiani, M.Pd 2) Dr. Dwi Atmanto, M.Si
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:26
Last Modified: 26 Apr 2022 03:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28105

Actions (login required)

View Item View Item