HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN EKSTRAVERSI DENGAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI IBB SMAN 113 JAKARTA

AYUNDA DINI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN EKSTRAVERSI DENGAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS XI IBB SMAN 113 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AYUNDA DINI - PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kepribadian ekstraversi dengan hasil belajar kemampuan berbicara bahasa Prancis pada siswa kelas XI IBB SMAN 113 Jakarta. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu kepribadian ekstraversi sebagai variabel X dan hasil belajar kemampuan berbicara bahasa Prancis sebagai variabel Y. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional dengan data yang diperoleh dari dua jenis instrumen yaitu kuesioner kepribadian ekstraversi dan tes kemampuan berbicara bahasa Prancis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh individu di SMAN 113, sementara sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling adalah siswa kelas XII IBB yang berjumlah 31 orang di SMAN 113 Jakarta. Untuk membuktikan hubungan antara variabel X dan Y, dilakukan teknik analisis data yang didasarkan atas tujuan hipotesis penelitian dan dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation. Sebelum menguji hipotesis, dilakukan terlebih dahulu uji validitas instrument dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation, uji reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan uji normalitas data dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kepribadian ekstraversi dengan hasil belajar kemampuan berbicara bahasa Prancis pada siswa kelas XI IBB SMAN 113 Jakarta. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil penghitungan koefisien korelasi antara variabel X dan Y yang menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program IBM SPSS 21 for Windows. Dalam penghitungan tersebut, hasil koefisien yang diperoleh adalah 0,035. Sedangkan menurut tabel, besar interpretasi nilai rtabel dengan n = 31 adalah 0,355. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai rhitung < rtabel, Maka berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan. Dengan demikian, H0 yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara kepribadian ekstraversi dengan hasil belajar kemampuan berbicara bahasa Prancis pada siswa kelas XI IBB SMAN 113 Jakarta diterima dan H1 yang menyatakan sebaliknya ditolak. This study aims to investigate whether there is a correlation between extraversion personality with the learning Outcome of french speaking capability on eleventh grade students of language and culture at 113 SHS Jakarta. There are two variables in this research, which are extraversion personality as variable X and the learning Outcome of french speaking capability as variable Y. This research uses quantitative approach and correlation method whose the data obtained from two types of instruments, specifically extraversion personality questionnaire and french speaking capability test. The populations in this research were all of individuals in 113 SHS, while the sample that has been taken by using simple random sampling technique were twelfth grade students of IBB class, which amounts to 31 people. For proving the correlation between variables X and Y, this research uses data analysis techniques based on the purpose of research hypothesis and using the formula of Pearson Product Moment Correlation. Before testing the hypothesis, the validity of instrument has been tested firstly by using Pearson Product Moment Correlation formula, then reliability instrument also tested by using Alpha Cronbach formula and data normality tested by using Kolmogorov-Smirnov test. The result of data analysis shows that there is no correlation between extraversion personality and the learning Outcome of french speaking capability on eleventh grade students of language and culture at 113 SHS Jakarta. This result is proven based on the calculating result of the correlation coefficient between variables X and Y by using Pearson Product Moment Correlation formula with the help of the program IBM SPSS 21 for Windows. In that calculation, the coefficient result is 0,035. Whereas according to the table, the interpretation of the rtable value with n = 31 is 0.355 which signifies that the value of rcount is less than (<) rtable, so based on this result it can be concluded that there is no correlation. Thus, H0 which states that there is no correlation between extraversion personality with the learning Outcome of french speaking capability on of language and culture grade in 113 SHS Jakarta is accepted and H1 which states otherwise is rejected.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd 2) Dr. Amalia Saleh, M.Pd,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:30
Last Modified: 26 Apr 2022 03:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28107

Actions (login required)

View Item View Item