RIZKY SANI KURNIA, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VII DI MTs ALMUDDATSIRIYAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Rizky Sani Kurnia.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Muddatsiriyah pada bulan April - Juni 2017 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar bahasa Arab dengan metode two stay two stray. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi MTs Al-Muddatsiriyah dengan jumlah 20 siswa. Pengukuran peningkatan hasil belajar dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes dalam bentuk tertulis yang diberikan oleh guru. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis &Robin Mc Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui penerapan metode pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Muddatsiriyah. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang meningkat. Hasil belajar siswa yang ada pada ujian siklus I yaitu dengan nilai rata-rata siswa 73,65, dan 13 orang siswa berhasil mencapai nilai kkm dengan prosentase 65%, sedangkan hasil yang diharapkan adalah 80% dari seluruh siswa. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 85,81, dan 16 orang siswa berhasil mencapai nilai kkm dengan prosentase 80%. Dan dapat ditemukan peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Muddatsiriyah dengan metode two stay two stray yaitu 8,5. Dan implikasi penelitian tindakan kelas ini bahwa metode two stay two stray dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs sehingga siswa menjadi lebih memahami pembelajaran bahasa Arab. The study was conducted at MTs Al-Muddatsiriyah in April - June 2017 with the aim of this study to see the improvement of learning result of Arabic with two stay two stray method. The research method used is classroom action research. The subjects of this study were students of MTs Al-Muddatsiriyah with a total of 20 students. Measurement of improvements in learning outcomes is carried out at the end of research activities by providing a written test given by the teacher. Classroom Action Research was conducted using a cycle model from Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Classroom Action Research is done through four stages of planning, action, observation. The study consisted of two cycles each cycle consisting of three meetings. Based on the result of research, it can be seen that the application of two stay two stray learning method can improve the learning result of Arabic student of class VII MTs Al-Muddatsiriyah. This is evident from the acquisition of increased student learning outcomes. Student learning outcomes in the cycle I exam with the average score 73.65 students, and 13 students managed to achieve kkm with percentage 65%, while the expected result is 80% of all students. In cycle II the average score of 85.81, and 16 students managed to achieve kkm value with the percentage of 80%. And can be found improvement of learning result of Arabic student of class VII MTs Al-Muddatsiriyah with two stay two stray method that is 8,5. And the implications of this classroom action research that the two stay two stray method can be used by teachers to improve Arabic learning outcomes in Arabic language learning in MTs so that students become better understanding of Arabic learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nuruddin, M.A. 2). Mohammad sarip, M.A. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 03:52 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 03:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28129 |
Actions (login required)
View Item |