“PENGARUH STRATEGI (RELATING, EXPERIENCE, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMAN 22 JAKARTA”

BEKTI LIANA PUTRI, . (2017) “PENGARUH STRATEGI (RELATING, EXPERIENCE, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMAN 22 JAKARTA”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Bekti Liana Putri (2115132933).pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran REACT (Relating, Experience, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap kemampuan menulis teks prosedur komplekspada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 22 Jakarta, semester genap 2016/2017, pada April sampai Mei 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest- posttest control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa. Jumlah sampel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sama besar yaitu 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah dengan tes kemampuan menulis teks prosedur kompleks dengan teknik analisis data mengunakan uji-t. Hasil dari perhitungan yang diperoleh dari sampel adalah 62,5 untuk rata-rata kelas posttest kelas kontrol dan nilai rata-rata sebesar 76,67 untuk kelas posttest eksperimen. Terdapat 23 siswa kelas eksperimen yang dapat mencapai nilai KKM pada posttest dan terdapat 7 siswa yang belum dapat mencapai nilai KKM. Pada Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas (Liliefors) diperoleh Lo (0,094) < Lt (0,161) pada kelas kontrol dan Lo (0,131) < Lt (0,161) pada kelas eksperimen dengan taraf signifikansi α = 0,05. Maka, data posttest kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal. Selain itu, dilakukan uji homogenitas menggunakan uji Fisher diperoleh Fo (1,089) < Ft (2, 423) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Maka dari kedua sampel tersebut memiliki varian yang homogen. Hasil uji-t menunjukkan thitung (7,431) sedangkan ttabel (2,000) dalam taraf nyata 0,05 pada dk = 58 untuk uji dua pihak. Oleh karena hasil thitung menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima. Dengan hasil tersebut, terdapat pengaruh penggunaan strategi REACT terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta. Sebelum memulai pembelajaran menggunakan strategi REACT, sebaiknya guru mengadakan tes (ujian tulis) untuk mengetahui secara pasti gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Strategi REACT dapat diaplikasi ke dalam pembelajaran teks lain yang memiliki struktur yang tidak jauh berbeda yaitu teks laporan hasil observasi. Guru harus memperhatikan dan mempersiapkan secara matang agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. The objective of this research is to know the influence of the use of REACT learning strategy (Relating, Experience, Applying, Cooperating, Transfering) to the ability to write complex procedure text on the students of class XI SMA Negeri 22 Jakarta. This research was conducted at SMA Negeri 22 Jakarta, even semester 2016/2017, from April to May 2017. This research uses experimental method using pretest-posttest control group design research design. The number of samples in this study amounted to 60 students. The number of samples between the experimental class and control class is the same ie 30 students. The instrument used is to test the ability to write complex text procedures with data analysis techniques using the t-test. The results of the calculations obtained from the sample were 62.5 for the mean of the control class posttest class and the mean value of 76.67 for the experimental posttest class. There are 23 experimental class students who can achieve the KKM score in the posttest and there are 7 students who have not been able to reach the KKM score. In the test data analysis requirements using the normality test (Liliefors) obtained Lo (0,094) <Lt (0,161) in control class and Lo (0,131) <Lt (0,161) in experiment class with significance level α = 0,05. Thus, the control and experiment class posttest data are normally distributed. In addition, the homogeneity test using Fisher test obtained Fo (1,089) <Ft (2, 423) with significance level α = 0.05. So from both samples have a homogeneous variant. The t-test results show thitung (7,431) and ttable (2,000) in real level 0.05 at dk = 58 for two-sided test. Therefore thitung result show that thitung> ttable, hence research hypothesis accepted. With these results, there is an influence of the use of REACT strategy on the ability to write complex procedure text on students of class XI SMA Negeri 22 Jakarta. Before starting learning using the REACT strategy, the teacher should have a test (writing exam) to know exactly the style of learning that is owned by students. REACT strategies can be applied to other text lessons that have a structure that is not much different from the observation report text. Teachers should pay attention and prepare carefully so that learning can be done well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Reni Nur Eriyani, M.Pd 2) Edi Puryanto, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:18
Last Modified: 26 Apr 2022 05:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28141

Actions (login required)

View Item View Item