PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 91 JAKARTA (STUDI PENELITIAN ETNOGRAFI KELAS)

BELLA HARDIANTY, . (2017) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 91 JAKARTA (STUDI PENELITIAN ETNOGRAFI KELAS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi etnografi bella 2017 (versi hard cover).pdf

Download (9MB)

Abstract

Bahasa Prancis merupakan salah satu mata pelajaran bahasa asing peminatan di SMA Negeri 91 Jakarta. Dalam proses pembelajaran bahasa Prancis di institusi tersebut dibutuhkan fasilitator yakni guru yang dapat menerapkan komponen-komponen pembelajaran seperti: Tujuan, Materi, Metode, Strategi, Media, dan Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembelajaran dengan memfokuskan keterampilan membaca pada kelas XI MIA di SMA Negeri 91 Jakarta. Metode penelitian ini adalah etnografi kelas, yang ditulis secara deskriptif kualitatif. Teknik analisis data penelitian ini mengadaptasi teknik analisis data menurut Margarida Cambra Giné yang terdiri dari tiga tahap yaitu analisis sekuen, analisis kategorial, dan analisis teorik. Untuk mengidentifikasi komponen pembelajaran, penelitian ini mengacu pada tema pembelajaran dengan menyesuaikan dengan data Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pengajaran (RPP) untuk kelas XI dan pengamatan di SMA Negeri 91 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis sesuai dengan kurikulum 2013. Materi/bahan ajar selama pembelajaran membaca, menggunakan buku Pembelajaran Bahasa Prancis untuk kelas XI karya Dra. Hj. Delly Anne, M.M. Metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis yang diterapkan oleh guru juga sesuai dengan metode pendekatan ilmiah/saintifik seperti mengamati, menanya, menalar, mencoba, menyimpulkan, dan mengomunikasikan. Media pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis yang digunakan sesuai dengan materi pembelajaran membaca bahasa Prancis seperti buku, papan tulis, dan proyektor. Evaluasi pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis melakukan penilaian dengan memberikan penugasan. Berdasarkan temuan tersebut, dibuktikan bahwa komponen pembelajaran sangat penting dan bermanfaat bagi guru dalam proses pembelajaran keterampilan membaca bahasa Prancis kelas XI di SMA Negeri 91 Jakarta. French is one of the subjects of foreign language specialization in 91 National High School Jakarta. In the process of learning French language, the institution needs facilitators, teachers who can apply learning components such as: Objectives, Materials, Methods, Strategies, Media, and Evaluation. This study aims to see the learning process by focusing on the reading skills on the class XI MIA in 91 National High School of Jakarta. The method of this research is ethnography class, the writer uses descriptively qualitative. The technique of this analysis data adapted accordingly by Margarida Cambra Giné is consisted of three stages: sequence analysis, categorical analysis, and theoretical analysis. To identify the learning components, this study refers to the learning theme by adapting to Silabus data and Teaching Implementation Plan RPP for the class of XI and student observations in the 91 National High School of Jakarta. Based on the results of this study, it is shown that the learning objective of French reading skill is in accordance with the 2013 curriculum. The material / learning materials during reading and learning, using French Language Learning book for class XI by Dra. Hj. Delly Anne, M.M. Learning methods of reading French skills applied by teachers are also in accordance with scientific / scientific approach methods such as observing, questioning, reasoning, trying, concluding, and communicating. The French reading and learning media are used in accordance with French reading learning materials such as books, blackboards and projectors. The Evaluation of the French reading skill is learnt by appraisal. Based on these findings, it is proved that the learning component is very important and useful for teachers in the learning process of reading in the French class of XI in 91 National High School of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Subur Ismail, M.Pd 2) Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:22
Last Modified: 26 Apr 2022 05:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28146

Actions (login required)

View Item View Item