RIZKA MAULIDA, . (2017) NILAI MORAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM GURINDAM DUA BELAS KARYA RAJA ALI HAJI (SUATU KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi Rizka Maulida.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan tentang aspeknilai moral, yaitu: hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusiadengan manusia lain dalam lingkup sosial dan lingkungan alam, hubunganmanusia dengan tuhannya, dan tentang aspek nilai pendidikan, yaitu: pendidikankecakapan, pendidikan ketuhanan, pendidikan kesusilaan, pendidikan keindahan, dan pendidikan kemsyarakatan yang terdapat dalam Gurindam Dua Belas karyaRaja Ali Haji. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif kualitatif, dengan teknik analisis isi. Instrumen penelitian ini adalahpeneliti sendiri yang dibantu oleh tabel analisis dengan menggunakan pendekatanSosiologi Sastra. Data yang diambil adalah buku Gurindam Dua Belas karya RajaAli Haji. Berdasarkan analisis data diperoleh informasi sebagai berikut: Nasihat yang terkandung dalam Gurindam Dua Belas yang masuk ke dalamkategori nilai moral sebanyak 107 bait. Nasihat yang masuk ke dalam aspek hubungan manusiadengan diri sendiri (47 bait), pada aspek hubungan manusia dengan manusia laindalam lingkup sosial dan lingkungan alam (37 bait), dan aspek hubungan manusiadengan Tuhannya (23 bait). Gurindam Dua Belas lebih dominan memiliki nasihat tentang hubungan manusia dengan diri sendiri. Bait dalam GurindamDua Belasyang masuk ke dalam kategori nilai pendidikan sebanyak 95 bait. Nasihat yangmasuk ke dalam aspek pendidikan kemasyarakatan (30 bait), pada aspekpendidikan kecakapan (22 bait), pada aspek pendidikan ketuhanan (20 bait), padaaspek pendidikan kesusilaan (12 bait), dan pada aspek pendidikan keindahan(11bait). Nasihat yang terkandung dalam Gurindam Dua Belas lebih banyak tentangpendidikan kemasyarakatan. Penelitian ini juga diimplikasikan pada pembelajaranbahasa, khususnya puisi rakyat untuk tingkat sekolah menengah pertama (SMP). This research aims to describe the use of aspects of moral value: humanrelationships with oneself aspect, on human relationships with other human beingsin the social sphere and the natural environment aspect, and human relationshipswith their God, and aspects of educational value: community education, aspects of skills education, aspects of divine education, aspects of moral education, aspectsof aesthetics. The instrument of this research is the researcher herself assistedbythe analysis table with Literary Sociology approach. Data which used is GurindamDua Belas book written by Raja Ali Haji. Based on the data analysis, obtainedinformations as follows: Advices contained in the GurindamDua Belas bookwhich belongs to aspects of moral value category are 107 verses. Advices whichwere belongs to human relationships with oneself aspect (47 verses), on humanrelationships with other human beings in the social sphere and the natural environment aspect (37 verses), and human relationships with their God(23verses). Gurindam Dua Belas is more dominant to have advices about humanrelationships with themelves. Verses in Gurindam Dua Belas which belongs toaspects of educational value are 95 verses. Advices which were belong to aspectsof community education (30 verses), aspects of skills education (22 verses), aspects of divine education (20 verses), aspects of moral education (12 verses), aspects of aesthetics (11 bait). Advices contained in GurindamDua Belas moredominant to aspects of community education. This research is also impliedintolanguage learning, especially on the folk poems for the junior high school (SMP).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Suhita, M.Pd. 2). Edi Puryanto, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 05:25 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 05:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28149 |
Actions (login required)
View Item |