PENGEMBANGAN MODEL DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X SMA/SMK POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR

FADLAH, . (2015) PENGEMBANGAN MODEL DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X SMA/SMK POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (463kB)
[img] Text
Fadlah - Skripsi Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran melalui pengembangan model desain pembelajaran ASSURE yang layak diterapkan pada pembelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian ini mengadopsi rumusan langkah-langkah penelitian Borg and Gall, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk awal produk, (4) uji lapangan dan revisi produk, (5) revisi produk akhir, dan (6) diseminasi dan implementasi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 29 Jakarta pada bulan Maret-Juni 2015. Instrumen pada penelitian ini meliputi instrumen analisis kebutuhan siswa dan guru, validasi ahli pembelajaran dan materi, validasi guru SMA, dan respon siswa. Dari hasil analisis kebutuhan yang disesuaikan dengan karakteristik model desain pembelajaran ASSURE, peneliti merancang perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor meliputi RPP dan LKS. Hasil validasi ahli materi dan ahli pembelajaran secara berturut-turut adalah 85,45% dan 86,35%. Adapun hasil validasi guru SMA dan hasil respon siswa terhadap perangkat pembelajaran memperoleh persentase yang sama yakni 86.50% dengan interpretasi sangat baik. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. This study aims to produce a learning device through the development of instructional design models ASSURE are feasible on the subject of learning physics and heat temperatures are expected to increase student interest. This research method adopted the formulation of research steps Borg and Gall, namely (1) research and information gathering, (2) planning, (3) development of an early form of the product, (4) field testing and revision of products, (5) a revision of the final product and (6) the dissemination and implementation. Research conducted at SMK Negeri 29 Jakarta in March to June 2015. The instrument of this research include analysis instruments needs of students and teachers, learning specialists and material validation, validation of high school teachers, and student response. From the analysis of the needs that are tailored to the characteristics of ASSURE instructional design models, the researchers designed a learning device that is required in the implementation of learning physics subject of temperature and heat includes lesson plans and worksheets. Validation results matter experts and learning experts respectively were 85.45% and 86.35%. The results of the validation of high school teachers and students' response to the results of the study to obtain the same percentage that is 86.50% with a very good interpretation. From these results, it can be concluded that the resulting learning device eligible to apply to study physics subject of temperature and heat and can increase student interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Siswoyo, M.Pd. ; 2). Dr. I Made Astra, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 02:55
Last Modified: 12 May 2022 02:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28152

Actions (login required)

View Item View Item