PENGARUH METODE NUMBERED HENDS TOGETHER DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMPN 216 JAKARTA

Safira Al Khansa, . (2015) PENGARUH METODE NUMBERED HENDS TOGETHER DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMPN 216 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP SAFIRA AL KHANSA 2115110793.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (6kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode numbered heads together dengan media puzzle terhadap kemampuan menemukan unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas VII SMP N 216 Jakarta. Berdasarkan perhitungan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan menemukan unsur intrinsik cerita pendek pada kelas eksperimen 72,21. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol, yakni 62,32. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Lilliefors). Data sampel dikatakan berdistribusi normal apabila L0 < Lt . Diperoleh L0 (0,0725) < Lt (0,1438) pada kelas eksperimen dan L0 (0,0846) < Lt (0,152) pada kelas kontrol dengan taraf signifikansi pada kedua kelas α = 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Selain itu, dilakukan uji homogenitas melalui uji Bartlett. Kriteria pengujian homogenitas sampel yaitu jika X 2 hitung < X2 tabel berarti data kelas sampel mempunyai varians yang homogen. Hasil perhitungan menunjukkan data bersifat homogen. Hal ini ditandai dengan X 2 hitung 0,46 < X 2 tabel 3,841. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Kriteria pengujian hipotesis ini adalah, tolak Ho jika thitung > ttabel. Diperoleh hasil thitung sebesar 4,46 dan ttabel sebesar 1,67 dengan thitung (4,46) > ttabel (1,67). Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode numbered heads together dengan media puzzle terhadap kemampuan menemukan unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas VII SMP N 216 Jakarta diterima. Penelitian ini memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam menemukan unsur intrinsik cerita pendek dan mempunyai implikasi untuk pembelajaran lain, yakni pada KD memahami dan menangkap makna teks cerita fabel. Di samping itu, penggunaan metode numbered heads together dengan media puzzle dapat diaplikasikan pada pembelajaran dengan memerhatikan penguasaan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum menggunakan metode serta media ini, guru harus dapat mengomunikasikan apa konsekuensi dari setiap perilaku yang dilakukan siswa dengan menerapkan penghargaan dan sanksi, agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan kondusif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suhertuti, M.Pd. ; 2). Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 02:58
Last Modified: 12 May 2022 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28155

Actions (login required)

View Item View Item