MENINGKATAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DI KELAS IV SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Petamburan 05 Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat)

Plorren Setianegara, . (2018) MENINGKATAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DENGAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT DI KELAS IV SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Petamburan 05 Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Halaman.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lembar Orisinalitas.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (590kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (200kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin siswa pada pembelajaran PPKn dengan strategi learning tournament di kelas IV-A SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Data yang diperoleh pada siklus I dari hasil kuesioner serta pengamatan siswa sebesar 57,69% sedangkan pemantau tindakan guru memperoleh 77,50% dan pemantau tindakan siswa memperoleh 70%. Hasil tersebut belum memenuhi ketercapaian yang telah ditentukan, yakni 80% dari jumlah siswa memperoleh skor ≥80. Pada siklus II mengalami peningkatan pada hasil instrumen kuesioner siswa memperoleh 84,61% dan hasil pengamatan siswa sebesar 88,46% sedangkan pemantau tindakan guru memperoleh 90% dan pemantau tindakan siswa memperoleh 82,5%. Hasil tersebut telah memenuhi ketercapaian dengan 80% jumlah siswa memperoleh skor ≥80 dan memperlihatkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan strategi learning tournament dapat meningkatkan disiplin siswa kelas IV SDN Petamburan 05 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan strategi learning tournament pada pembelajaran PPKn untuk meningkatkan disiplin siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nina Nurhasanah MPd 2) Dra. Iva Sarifah MPd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 15 Jan 2020 12:30
Last Modified: 15 Jan 2020 12:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item View Item