PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA

BIMBI NURMANSYAH, . (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI BIMBI NURMANSYAH 2715130679.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta pada bulan Maret- Mei 2017 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar Bahasa Arab dengan metode make a match. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. objek penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. Dan objek penelitian berjumlah 33 siswa. Pengukuran hasil peningkatan hasil belajar bahasa Arab dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes dalam bentuk tulisan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Hasil belajar bahasa arab yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus pertama nilai rata-rata peningkatan hasil belajar bahasa Arab pada siklus pertama adalah 62,00, pada siklus kedua nilai rata-rata hasil belajar bahasa Arab meningkat menjadi 77,00. Maka peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Jakarta yaitu 15,00 poin. Berdasarkan analisis data yang didapat bahwa peneliti mendapatkan peningkatan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jakarta dengan menggunakan metode make a match. Dengan demikian metode make a match ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga siswa menjadi senang dan lebih terampil dalam belajar bahasa Arab. The study was conducted at SMP Muhammadiyah 3 Jakarta in March - May 2017 with the aim of this study to see the improvement of Arabic learning result with make a match method. The research method used is classroom action research. The object of this research are students of SMP Muhammadiyah 3 Jakarta. And the object of the study amounted to 33 students. The measurement of the result of the improvement of learning result of Arabic is done at the end of the research activity by giving the test in writing form to answer the question asked by the teacher. Arabic learning outcomes obtained at each cycle are: first cycle average value of increase learning result of Arabic in first cycle is 62,00, in second cycle average value of Arabic learning result increase to 77,00. Then the increase of learning result of Arabic student of eighth graders in SMP Muhammadiyah 3 Jakarta that is 15,00 points. Based on the data analysis obtained that the researcher get the increase of learning result of Arabic student of eighth graders SMP Muhammadiyah 3 Jakarta by using make a match method. Thus make a match method can be used as one of the methods in learning Arabic language so that students become happy and more skilled in learning Arabic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ahmad Murodi,M.A 2) Dr. Syamsi Setiadi,M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:36
Last Modified: 26 Apr 2022 05:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28163

Actions (login required)

View Item View Item