NALURI TOKOH UTAMA DALAM NASKAH DRAMA AYAHKU PULANG KARANGAN USMAR ISMAIL (SUATU KAJIAN PSIKOANALISIS)

RISTA TRIHANDAYANI, . (2017) NALURI TOKOH UTAMA DALAM NASKAH DRAMA AYAHKU PULANG KARANGAN USMAR ISMAIL (SUATU KAJIAN PSIKOANALISIS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Rista.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui naluri tokoh utama dalam naskah drama Ayahku Pulang karangan Usmar Ismail. Penelitian mulai dilakukan sejak Januari 2017 sampai Juli 2017 dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, analisis teks. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran naluri tokoh utama dalam naskah drama Ayahku Pulang karangan Usmar Ismail dengan kajian psikoanlisis. Teori naluri mencakup naluri kehidupan dan naluri kematian berdasarkan teori Sigmund Freud. Struktur teks drama yang digunakan dalam penelitian merupakan teori Robert Stanton yaitu alur, karakter atau tokoh, dan latar (Struktural faktual) sebagai acuan untuk mengetahui bentuk naluri tokoh utama. Hasil penelitian ini menunjukkan naluri kematian yang lebih dominan dibandingkan naluri kehidupan pada tokoh utama. Naluri kehidupan tokoh utama dalam naskah drama ditunjukkan oleh tokoh utama dengan keinginan dalam diri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dan naluri kematian ditunjukkan oleh tokoh utama dengan ditunjukkan dengan tindakan agresif serta menyakiti diri sendiri dan orang lain. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran sastra di SMA kelas XI, guru dapat menganalisis struktur dalam naskah drama dan mengkaji tokoh dalam drama ketika pembelajaran maupun apresiasi drama di sekolah. This study aims to cognize the instinct of the main character in the script drama Ayahku Pulang by Usmar Ismail. The research began in January 2017 until July 2017 using qualitative descriptive method, text analysis. The purpose of this study is to cognize the image of the main character instinct in the script drama Ayahku Pulang by Usmar Ismail with psychoanalysis study. There two theories that are used in this study. First, the theory of instinct by Sigmund Freud, which consists of instinct of life and death. Second, the theory of plot by Robert Stanton to identify the structure of play script, which consists of plot, character, and background (factual structure). The results of this study indicate that the instinct of death is more dominant than the instinct of life in the main character. The life instinct of the main character in the drama script is shown by the main character with an inner desire to fulfill his life's needs, and the instinct of death is shown by the main character by being shown by aggressive actions as well as hurting himself and others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Helvy Tiana Rosa, M.Hum. 2). Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:38
Last Modified: 26 Apr 2022 05:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28166

Actions (login required)

View Item View Item