FARRAH HANY FAUZIAH, . (2015) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 71 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (161kB) |
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (26kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf Download (8kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
|
Text
10. BAB II SKRIPSI.pdf Download (281kB) |
|
Text
9. BAB I SKRIPSI.pdf Download (313kB) |
|
Text
12. BAB IV SKRIPSI.pdf Download (338kB) |
|
Text
11. BAB III SKRIPSI.pdf Download (393kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
|
Text
13. BAB V SKRIPSI.pdf Download (97kB) |
|
Text
48. BIODATA PENULIS.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
Text
47. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (72kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa serta untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis pada pokok bahasan Peluang sebanyak 4 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.8479 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, kedua kelas eksperimen, baik kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TTW maupun model pembelajaran kooperatif tipe TPS, masing-masing berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas ekperimen memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji- dengan varians yang sama dan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Pinta Deniyanti S., M. Si. ; 2). Dra. Suprakarti, M. Pd. |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2022 03:11 |
Last Modified: | 12 May 2022 03:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28172 |
Actions (login required)
View Item |