PENGARUH STIMULASI GERAK TERHADAP HASIL KREATIVITAS GERAK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENDRATASIK ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RIRI YULIANTI RAMLI, . (2017) PENGARUH STIMULASI GERAK TERHADAP HASIL KREATIVITAS GERAK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENDRATASIK ANGKATAN 2016 UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Riri Yulianti Ramli.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan hasil kreativitas pengembangan gerak pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sendratasik angkatan 2016 melalui pemberian stimulus musik dan properti tari. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Sendratasik Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan variabel bebas stimulus musik (S₁), stimulus properti Tari (S2), dan variabel terikat adalah hasil kreativitas gerak (Y). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen, dan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling yang populasinya berjumlah 46 mahasiswa dengan sampel 24 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen penelitian berupa observasi dengan tes keterampilan melakukan gerak dengan pemberian stimulus dan analisis data menggunakan uji F dan uji Q dengan uji prasyarat hipotesis. Hasil analisis data penelitian ini adanya perbedaan hasil kreativitas pengembangan gerak mahasiswa melaui stimulus musik dan properti tari. Nilai rata-rata hasil kreativitas melalui stimulus musik sebesar 36,5 sedangkan nilai rata-rata hasil kreativitas melalui stimulus properti tari sebesar 34,75.Sehingga disimpulkan bahwa hasil kreativitas gerak melalui stimulus musik memiliki hasil lebih tinggi dibandingkan dengan hasil kreativitas gerak melalui stimulus properti tari. Hal tersebut diperkuat dari perhitungan pengujian statistik dengan menggunakan uji anava (F) dan didapat Fhitung >Ftabel (4,94 > 4,30) maka H0 ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa hasil kreativitas gerak melalui stimulus musik dan stimulus properti tari memiliki perbedaan yang signifikan. This study was conducted to find the difference of kinesthetic creativity result of Sendratasik Study Program Students in 2016 through music stimulus and dance property. This study was conducted at Sendratasik Study Program in State University of Jakarta. The method used in this study is quantitative method with music stimulus (S₁) and stimulus property (S2) as the independent variables, and Kinesthetic Creativity Result (Y) as the dependent variable. Experimental approach and simple random sampling were used to conduct this study. The subjects of this study were 24 of 46 students. The data of the research were collected through observations by body movement test with stimulus. The data were analyzed through F test and Q test by Hypothesis Testing. The result of the data analysis shows the differences of students’ kinesthetic creativity through music stimulus and dance property. The mean of creativity result through music stimulus was 36.5 while the mean of creativity result through dance property stimulus was 34.75. It can be concluded that the result of music stimulus was higher than dance property stimulus. This result was supported by anova statistical test (F) that Fcalculation >Ftable (4,94 > 4,30) then H0 was rejected. It can be concluded that there was a significant difference between the result of music stimulus and dance property stimulus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ojang Cahyadi, S.Sn M.Pd. 2). Dra. Rahmida Setiawati, MM.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:46
Last Modified: 26 Apr 2022 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28174

Actions (login required)

View Item View Item