PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR-RAUDHAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL)

SANDY LESMANA, . (2015) PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AR-RAUDHAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI INTEGRATED ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Sandy Lesmana.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi berupa penelitian berjudul pembelajaran bahasa Prancis siswa kelas IV SDIT Ar-Raudhah ditujukan sebagai salah satu syarat kelulusan di Jurusan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komponen-komponen pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Prancis kelas IV SDIT Ar-Raudhah direalisasikan. Komponen pembelajaran yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian deskriptif kualitatif ini adalah komponen pembelajaran menurut Gulö (2002 : 8-9). Komponen pembelajaran tersebut adalah tujuan pengajaran, pengajar, peserta didik/murid, materi pelajaran, metode pengajaran, media pengajaran. Penelitian ini berlangsung dari bulan Oktober 2014 s.d Februari 2015 dan terfokus pada satu kelas, kelas IV Al-Latif SDIT Ar-Raudhah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan kesan pesan dari para siswa mengenai pembelajaran bahasa Prancis. Informan utama yang ada dalam penelitian ini adalah Pengajar bahasa Prancis di kelas IV SDIT Ar-Raudhah, ditambah dengan informan lainnya, yaitu Direktur SDIT Ar-Raudhah, Penanggung Jawab Pendidikan L’Institut Français d’Indonésie 2014, Guru SDIT Ar-Raudhah, dan Murid kelas IV SDIT Ar�Raudhah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pengajaran pada proses pembelajaran bahasa Prancis di kelas IV SDIT Ar-Raudhah periode penelitian oktober – november 2014 terdapat di dalam silabus yang dibuat oleh L’Institut Français d’Indonésie. Akan tetapi tujuan pengajaran pada proses belajar mengajar di dalam kelas tidak sesuai dengan silabus. Tujuan pengajaran mengacu pada kondisi perkembangan peserta didik, sedangkan kondisi tujuan pengajaran pada periode januari – februari 2015, tidak memiliki silabus sebagai acuan, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Pengajar bahasa Prancis sudah berpengalaman, yaitu sudah menjadi pengajar di L’Institut Français d’Indonésie dan memiliki kemampuan berbahasa Prancis dengan sangat baik dengan sudah memiliki sertifikat Delf B2. Peserta didik rata-rata berumur sembilan sampai sepuluh tahun dan sudah dapat menerima pembelajaran bahasa Prancis dengan baik. Metode yang diterapkan oleh pengajar di dalam kelas adalah melalui permainan, dan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan komunikatif, yaitu dengan membimbing peserta didik untuk selalu berkomunikasi menggunakan bahasa Prancis, baik komunikasi lisan maupun tulisan. Materi ajar yang diterapkan lebih banyak menggunakan materi yang bersumber bukan dari buku yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Media yang digunakan merupakan media yang sesuai dengan kondisi peserta didik dan materi ajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asti Purbarini, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:15
Last Modified: 12 May 2022 03:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28178

Actions (login required)

View Item View Item