PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL SUDUT PENGAMBILAN GAMBAR MATA PELAJARAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK DI SMK NEGERI 7 JAKARTA

RIZKI AKBAR PRAYOGI, . (2016) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL SUDUT PENGAMBILAN GAMBAR MATA PELAJARAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK DI SMK NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Rizki Akbar Prayogi_535111815.pdf

Download (14MB)

Abstract

Dalam metodologi pembelajaran ada dua aspek yang paling menonjol yakni metode pembelajaran dan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar. Di SMK Negeri 7 Jakarta pada program keahlian Multimedia terdapat Mata Pelajaran yaitu Teknik Pengambilan Gambar Bergerak (TPGB). Salah satu kompetensi dasarnya adalah sudut pengambilan gambar. Pokok materi ini menjelaskan tentang cara menggunakan kamera untuk mendapatkan sudut gambar. Berdasarkan observasi lapangan di SMK Negeri 7 Jakarta kelas XII Multimedia 2 dengan jumlah 36 siswa pada proses pembelajaran mata pelajaran kejuruan pada kompetensi melakukan pengambilan gambar dengan kamera, terdapat 12 siswa belum dapat menggunakan teknik-teknik pengambilan gambar dengan benar. Penyebabnya antara lain, guru menjelaskan materi secara ceramah, hanya terdapat satu alat yang dapat digunakan untuk demonstrasi saat praktikum, dan dilakukan satu kali saja, serta belum tersedianya media pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi mata pelajaran di sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan media pembelajaran yang dapat menunjang proses belajar mengajar, salah satunya dengan media pembelajaran video tutorial tentang teknik-teknik pengambilan gambar yang dapat diputar berulang-ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran berupa video tutorial yang diterapkan dalam pelajaran teknik pengambilan gambar bergerak kelas XII di SMK Negeri 7 Jakarta Jurusan Multimedia. Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development) dengan model pengembangan video tutorial dari Diknas dalam buku Andi Prastowo. Hasil pengembangan video tutorial teknik pengambilan gambar bergerak dengan kompetensi sudut pengambilan gambar di SMK Negeri 7 adalah diketahui bahwa video tutorial ini sudah memenuhi aspek kualitas tampilan/ tayangan dan kualitas pendokumentasiannya. Dari hasil evaluasi responden didapat skor sebesar 77,64%. Dengan rincian aspek kualitas tampilan/ tayangan sebesar 77,41%, aspek minat dan perhatian 74,48%, serta aspek ketepatan isi materi sebesar 79,66%. Hal ini menunjukkan bahwa menurut peserta didik pembelajaran teknik pengambilan gambar menggunakan video tutorial ini baik dan dapat membantu peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi sudut pengambilan gambar serta dapat memotivasi peserta didik dalam belajar. In learning methodology there are two aspects most prominent and important, that are method learning and media learning. In 7 Vocational School Jakarta, majoring on multimedia subjects that is Teknik Pengambilan Gambar Bergerak ( TPGB ). One of competence essentially is the angle shooting. Basic matter that of the camera to get best and correct angles picture. Based on observation field in 7 Vocational School Jakarta XII class multimedia 2 with 36 students on learning subjects in competence taking pictures with a camera, there are 12 students can’t use techniques the actual shot well and correctly. The reasons are, the teacher explained matter only in talk, there is only one instrument that can be used to a demonstration when practice, do only once, and aren’t the availability of media learning in accordance with competence a subject in school. To solve the problems, required learning media be able to support learning process, one of them is a video tutorial learning about angle shooting that could be used repeatedly. The purpose of this research is to make media learning of video tutorials applied in both simulcast moves technique XII class in7 Vocational School Jakarta. This research using RnD methods ( Research and Development ) with model of video tutorials from Nasional Educatin in the Andi Prastowo’s book. The result of developed video tutorials Teknik Pegambilan Gambar Bergerak with competence angles shooting in 7 Vocational School Jakarta was known to that video tutorials has been satisfy the quality of interface/ impressions and quality the documentation. From the evaluation of respondents obtained score are 77,64 %. With details the quality of interface/ impressions 77,41%, the interest and attention 74,48%, and the aspect of the accuracy of the matter of 79,66%. This shows that according to students learning simulcast on video tutorials good and can help students in studying and understand matter simulcast angles and able to motivate students in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prasetyo Wibowo Yunanto, ST. M.Eng 2) Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:54
Last Modified: 26 Apr 2022 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28183

Actions (login required)

View Item View Item