MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI AJAR GRADING (EKSPERIMEN)

RIZKA LAILA MAGFIRA, . (2017) MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI AJAR GRADING (EKSPERIMEN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi ajar grading. Metode pembelajaran discovery learning adalah salah satu model pembelajaran yang disarankan pada kurikulum 2013. Dengan menggunakan model pembelajaran ini, siswa diharapkan menjadi lebih aktif dan lebih memahami pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI busana 1 SMKN 32 Jakarta dengan menggunakan sampel jenuh sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, terdapat 4 test yang diberikan yaitu pre-test, post-test, tugas kelompok dan tugas individu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan belajar dan pemahaman siswa. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Pada nilai post-test mengalami kenaikan dari 48% siswa yang tuntas pada pertemuan pertama menjadi 67% siswa yang tuntas pada pertemuan kedua, nilai ketuntasan dilihat dari KKM yaitu 75. Terjadi peningkatan sebanyak 19%. Pada nilai tugas kelompok dan individu terdapat empat aspek yang diukur yaitu: ketepatan waktu, kerapihan, ketepatan ukuran, dan hasil kerja. Dari keempat aspek itu juga telah mengalami kenaikan. This research aims to study how the application of discovery learning models in grading teaching materials. Discovery learning models was one of the suggested model in the curriculum of 2013. By using this learning model, students are expected to be more active and have a better understanding the lessons. The research method used was pre-experimental design One Group Pretest – Posttest Design. The population of this research are the grade XI student clothing 1 SMKN 32 Jakarta by using saturated samples as many as 31 students. The data collection method using tests, there are 4 tests given pre-test, test post, group work and individual assignments. The data analysis technique is. quantitative descriptive. The Results of this study showed that learning model application can improve the ability of learning and students understanding. This evident was the results from student the rise learning that acquisition. On the value of post-test experienced an increase of 48% of the students who has been completed at the first meeting be 67% of students who finished at the second meeting, the value of the ketuntasan views of the KKM that is 75.there is an increase as much as 19%. On the value of group and individual tasks there are four aspects that are measured: timeliness, neatness, accuracy measures, and results of the work. All the four aspects also have been rising.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Harsuyanti RL, M.Hum 2) Dra. Eneng Lutfia Zahra, M.Pd
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:01
Last Modified: 26 Apr 2022 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28193

Actions (login required)

View Item View Item