KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT SEDERHANA DALAM KARANGAN TERPIMPIN (Analisis Kesalahan pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta)

SYAHIDAH, . (2015) KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT SEDERHANA DALAM KARANGAN TERPIMPIN (Analisis Kesalahan pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai bentuk kesalahan, jenis kesalahan dan persentasenya serta faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan penggunaan kalimat sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Jakarta sejak bulan Maret hingga Juni 2015. Data penelitian ini berupa hasil penggunaan kalimat sederhana dan wawancara untuk megetahui penyebab terjadinya kesalahan berbahasa dengan sumber data mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab sebanyak 25 orang, dan dengan instrumen berupa tes penggunaan kalimat sederhana pada Mahasiswa . Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis kesalahan dan dengan prosedur penelitian sebagai berikut : 1) mengumpulkan hasil tes kalimat sederhana mahasiswa, 2) mendiagnosa bentuk-bentuk kesalahan, 3) mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk kesalahan berdasarkan jenis-jenis kesalahan, 4) menghitung persentase atau frekuensi kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan kriteria interpretasi, yaitu : kesalahan jarang 1-24%, kesalahan merata 25- 75%, dan kesalahan umum 76-100%, 5) menjelaskan bentuk-bentuk kesalahan dan 6) menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan. Berdasarkan analisis kesalahan berbahasa dalam penggunaan kalimat sederhana, hasil yang diperoleh adalah : 1) kesalahan jarang terdapat pada kalimat positif berbentuk transitif, kalimat positif berbentuk intransitif, kalimat negatif, kalimat tanya, jumlah ismiyyah khooliyah minannawasih, jumlah ismiyyah ma’annawasih min akhowati kana, jumlah ismiyyah ma’annawasih min akhowati inna, jumlah ismiyyah manfiyyah, jumlah ismiyyah istifhamiyyah. 2) kesalahan terbanyak pada jumlah syarthiyyah. Adapun penyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam penggunaan kalimat sederhana yaitu : language transfer dan intralingual interference, penerapan kaidah bahasa Arab yang kurang khususnya dalam penggunaan kalimat, tidak menguasai kaidah bahasa Arab, kurangnya ketelitian siswa dalam menjawab soal, perbedaan pemerolehan bahasa pada setiap anak, dan perbedaan kaidah kalimat dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Implikasi penelitian ini ialah dalam pengajaran bahasa Arab khususnya pada pengajaran kalimat sederhana dan nahwu. Dengan melakukan analisis kesalahan guru dapat mengetahui kesalahan merata dan umum yang dilakukan oleh siswa dalam menyusun kalimat sederhana. Maka dari itu, para guru diharapkan untuk memperhatikan kesalahan merata dan umum yang dilakukan oleh siswa kemudian menjelaskannya hingga mereka memahaminya dengan baik, dan diharapkan pula untuk menggunakan media yang sesuai dan metode serta teknik yang bagus dalam pengajaran, dan untuk memperkenalkan kalimat yang tidak dipelajari siswa pada setiap tingkatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M. Pd. ; 2). Mohamad Sarip, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:25
Last Modified: 12 May 2022 03:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28195

Actions (login required)

View Item View Item