STRATEGI BELAJAR BAHASA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS PADA MATA KULIAH MAÎTRISE DE LANGUE I

RIDHO ALAMANDA, . (2017) STRATEGI BELAJAR BAHASA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS PADA MATA KULIAH MAÎTRISE DE LANGUE I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Ridho Alamanda_2315121656.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai strategi belajar bahasa asing ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai strategi belajar yang digunakan pada mahasiswa di kelas Maîtrise de Langue I. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengunaan strategi belajar bahasa mahasiswa pada kelas Maîtrise de Langue I. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai strategi belajar yang dominan digunakan oleh mahasiswa secara umum. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan desain survei dan instrumen berupa kuesioner. Objek yang diteliti ialah mahasiswa pendidikan bahasa Prancis pada kelas Maîtrise de Langue I. Penelitian ini memfokuskan kepada analisis strategi belajar yang terbagi menjadi tiga jenis yaitu strategi metakognitif, strategi kognitif dan strategi sosio-afektif. Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini ialah menyusun kuesioner yang mengacu kepada teori strategi belajar yang digunakan. Kuesioner ini menggunakan skala Likert untuk mengukur frekuensi penggunaan strategi belajar mahasiswa. Kemudian, kuesioner tersebut didistribusikan untuk diuji validitas dan reliabilitas menggunakan model Rasch. Setelah kuesioner dinyatakan valid dan reliabel, kuesioner didistribusikan kepada mahasiswa kelas Maîtrise de Langue I untuk mendapatkan data penelitian. Langkah selanjutnya ialah penyajian data ke dalam bentuk chart berdasarkan jenis-jenis strategi belajar yang telah ditentukan. Langkah terakhir dilakukan dengan menarik kesimpulan. Pada bagian ini dilakukan interpretasi data yang telah didapatkan dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sosio-afektif merupakan strategi belajar bahasa yang dominan digunakan oleh mahasiswa di kelas Maîtrise de langue I. Selanjutnya, strategi kognitif berada di dalam urutan kedua. Di urutan ketiga, strategi metakognitif merupakan strategi yang paling rendah frekuensi penggunaanya. The study aims to provide the information of language learning strategies of students in the class of Maîtrise de Langue I. descriptive quantitative approach with survey design and a questionnaire as an instrument were used at this study. 48 students in the class had been chosen by non-probability sampling technique. They filled the questionnaire of language learning strategies as a data in this study. The questionnaire is divided into three categories; metacognitive strategy, cognitive strategy, and socio-affective strategy based on theory used in this research. The results revealed that in general the strategy the most used by the students in frequency is the socio-affective strategy. Then, the cognitive strategy is in the second position of frequency. At last, in frequency the metacognitive strategy is the less used strategy by the students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. 2). Ratna, S.Pd, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:05
Last Modified: 26 Apr 2022 06:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28198

Actions (login required)

View Item View Item