PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA MATERI SUHU DAN KALOR

FIRDA HANUM, . (2015) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Firda Hanum.pdf

Download (6MB)

Abstract

Untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa, guru dapat menganjurkan siswa untuk membaca salah satu jenis buku pendidikan yang bertujuan merangsang minat belajar dan memperkaya wawasan yaitu buku pengayaan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Buku Pengayaan Pengetahuan Fisika dengan Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat yang layak digunakan, dan untuk meningkatkan pengetahuan siswa pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Produk dinilai dan dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, editor dan guru fisika. Instrumen penilaian yang digunakan terdiri dari 4 komponen yaitu materi, penyajian, bahasa dan grafika. Berdasarkan perhitungan skor kuantitatif dari masing-masing para ahli didapatkan hasil bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan layak. Pada kegiatan uji efektivitas produk dilakukan kegiatan pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah dilakukan treatment menggunakan buku pengayaan pengetahuan fisika. Uji efektivitas pemakaian produk dilakukan di SMA Negeri 102 Jakarta pada kelas X. Hasilnya perhitungan dengan uji gain didapatkan sebesar 0,36 yang termasuk dalam kategori sedang dengan rentang kategori . Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa pada materi suhu dan kalor. To increase the knowledge and insights of students, teachers can encourage students to read one of the books that aim to stimulate interest in education and enriching learning that books of knowledge enrichment. This study aims to produce instructional media such as books Enrichment Approach Physical Sciences with Science, Technology and Society proper use, and to improve the knowledge of students on the material temperature and heat. This research is a research and development (R & D). Product assessed and validated by materials experts, media experts, editors and physics teacher. Used assessment instrument consisting of four components, namely the material, presentation, language and graphics. Based on the calculation of quantitative score of each of the experts showed that the products developed as feasible. On product effectiveness test activities performed activities pretest and posttest to measure the increase students' knowledge before and after treatment using knowledge of physics books enrichment. Test the effectiveness of the use of the product is done in SMAN 102 Jakarta in class X. The result is the calculation of the gain obtained with the test of 0.36 is included in the medium category with a range of categories 0,30≤g≤0,70. With these results it can be concluded that the products developed to enhance the knowledge of students on the material temperature and heat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Cecep E.Rustana, Ph.D. ; 2). Hadi Nasbey, S.Pd, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:26
Last Modified: 12 May 2022 03:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28199

Actions (login required)

View Item View Item