PERBANDINGAN MEKANISME PERTAHANAN EGO TOKOH UTAMA PADA NOVEL BELENGGU KARYA ARMIJN PANE DENGAN NOVEL MADAME BOVARY KARYA GUSTAVE FLAUBERT

DITYA PRAMESTI, . (2015) PERBANDINGAN MEKANISME PERTAHANAN EGO TOKOH UTAMA PADA NOVEL BELENGGU KARYA ARMIJN PANE DENGAN NOVEL MADAME BOVARY KARYA GUSTAVE FLAUBERT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DITYA PRAMESTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mekanisme pertahanan ego tokoh utama dan membandingkan mekanisme pertahanan ego tokoh utama melalui objek novel Belenggu karya Armijn Pane dengan Madame Bovary karya Gustave Flaubert, serta implikasinya dalam pembelajaran apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Psikoanalisis Sigmund Freud dengan fokus penelitian mekanisme pertahanan ego. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pertahanan ego menekankan pada bentuk pengalihan (displacement). Pada novel Belenggu karya Armijn Pane bentuk pengalihan (displacement) yang muncul 31,81% sedangkan pada novel Madame Bovary karya Gustave Flaubert pengalihan (displacement) yang muncul 40%. Bentuk mekanisme pertahanan ego yang paling sedikit dilakukan oleh tokoh utama dalam novel Belenggu karya Armijn Pane ialah sublimasi (4,54%) dan agresi (4,54%). Sedangkan bentuk mekanisme pertahanan ego yang tidak ditemukan dalam novel Belenggu karya Armijn Pane ialah represi (0%) dan reaksi formasi (0%). Dalam novel Madame Bovary karya Gustave Flaubert, bentuk mekanisme pertahanan ego yang paling sedikit dilakukan oleh tokoh utama ialah sublimasi (4%). Sedangakan bentuk mekanisme pertahanan ego yang tidak ditemukan dalam novel Madame Bovary karya Gustave Flaubert ialah represi (0%), proyeksi (0%), reaksi formasi (0%), dan regresi (0%). Rekomendasi dalam novel Belenggu karya Armijn Pane dengan Madame Bovary karya Gustave Flaubert, yaitu dapat memberikan pelajaran bagi remaja dalam menyikapi permasalah kehidupan secara benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsyad Ridho, M.Hum. ; 2). Siti Gomo Attas, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:29
Last Modified: 12 May 2022 03:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28202

Actions (login required)

View Item View Item