SIKAP TOKOH UTAMA TERHADAP CINTA DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARANGAN HABIBURRAHMAN EL�SHIRAZY DAN DI BAWAH LINDUNGAN KA’BAH KARANGAN HAMKA (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA)

SITI AYU NINGSIH, . (2015) SIKAP TOKOH UTAMA TERHADAP CINTA DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARANGAN HABIBURRAHMAN EL�SHIRAZY DAN DI BAWAH LINDUNGAN KA’BAH KARANGAN HAMKA (KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SITI AYU NINGSIH-2115110806 (SIKAP TOKOH UTAMA TERHADAP CINTA DALAM NOVEL AAC DAN DBLK).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan metode kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui sikap tokoh utama dalam novel Ayat-ayat Cinta karangan Habiburrahman El-Shirazy dan novel Di Bawah Lindungan Ka’bah karangan Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan teori sikap dari Krech Crutchfield dan teori cinta dari Erich Fromm. Sikap memiliki tiga aspek, yakni motif, emosi, dan persepsi. Cinta memiliki empat aspek, yakni pengenalan, perhatian, pengasuhan, dan tanggung jawab. Hasil kajian yang diperoleh ialah (1) tokoh utama pria dalam kedua novel menunjukkan sikap rendah diri, penilaian fisik, dan melindungi yang dicintai, (2) tokoh utama wanita dalam kedua novel bersikap menerima perbedaan sosial dan menilai moral yang dicintainya, (3) terdapat perbedaan pengorbanan dan pemaksaan terhadap cinta di antara kedua novel, pengorbanan dalam Ayat-ayat Cinta lebih menekankan pada pengorbanan materi dengankan Di Bawah Lindungan Ka‟bah pengorbanan diri, (4) habiburrahman dalam novel Ayat-ayat Cinta diindikasi mendapat pengaruh dari Hamka melalui Di Bawah Lindungan Ka’bah. Penelitian ini dapat diimplikasikan dalam kurikulum 2013 di kelas XII pada Kompetensi Dasar 3.1 memahami dan 4.1 menginterpretasikan makna cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsyad Ridho, M.Hum. ; 2). Sri Suhita, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:41
Last Modified: 12 May 2022 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28212

Actions (login required)

View Item View Item