MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT

PUTERI FAUZIAH, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Puteri Fauziah.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 pagi Jakarta Pusat. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V-A di SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumntasi. Hasil penelitian kelas menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam setiap pembelajaran, tak terkecuali dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui pendekatan Problem Based Learning. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa mencapai 59,95% dan meningkat pada siklus II sebesar 23,4% menjadi 83,3%. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siklus I mencapai 62,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 25% menjadi 87,5% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥80. Hasil penelitian tersebut berhasil melebihi target indikator pencapaian yang ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Arita Marini, ME 2) Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 15 Jan 2020 14:53
Last Modified: 15 Jan 2020 14:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item