STRUKTUR LOGIKA VERBA BERAFIKS {ME-KAN} DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARANGAN AGNES DAVONAR

RHIKA NANDANI, . (2017) STRUKTUR LOGIKA VERBA BERAFIKS {ME-KAN} DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARANGAN AGNES DAVONAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Rhika Nandani.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur logika verba berafiks {me-kan} dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karangan Agnes Davonar dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan pada semester 106, yaitu pada Bulan Maret sampai dengan Bulan Agustus 2017. Fokus penelitian adalah struktur logika verba berafiks {me-kan} dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karangan Agnes Davonar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi dan teknik reduksi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh tabel analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan data sebanyak 135 klausa verbal berafiks {me-kan}. Dari 135 klausa verbal terbentuk 8 pola struktur logika verba berafiks {me-kan}, yaitu pola ekatransitif/perbuatan (pelaku+sasaran) sebanyak 102 klausa (75,5%), pola ekatransitif/perbuatan (pokok+sasaran) sebanyak 14 klausa (10,5%), pola dwitransitif/perbuatan (pelaku + peruntung + sasaran) sebanyak 9 klausa (6,5%), pola ekatransitif/perbuatan (pokok) sebanyak 3 klausa (2%), pola ekatransitif/keadaan (pokok+sasaran) sebanyak 3 klausa (2%), pola ekatransitif/perbuatan (pelaku+hasil) sebanyak 2 klausa (1,5%), pola ekatransitif/perbuatan (peruntung+sasaran) sebanyak 1 klausa (1%), pola berpelengkap wajib/relasional (pokok+identitas) sebanyak 1 klausa (1%). Pola yang paling produktif yaitu pola ekatransitif/perbuatan (pelaku + sasaran) karena digunakan oleh pengarang dalam membantu pekerjaannya untuk menggambarkan setiap peristiwa atau kejadian yang diceritakan sehingga dapat memudahkan pembaca dalam memahami cerita. Berdasarkan hasil penelitian, klausa verbal dikelompokkan sesuai dengan jenis verba yang mengisi fungsi predikator dan peran argumen yang mendampingi predikator, yaitu verba bermakna perbuatan ditemukan sebanyak 131 klausa (97%). Verba bermakna keadaan ditemukan sebanyak 3 klausa (2%). Verba bermakna relasional ditemukan sebanyak 1 klausa (1%). Struktur logika verba yang bermakna perbuatan jumlahnya lebih banyak karena verba bermakna perbuatan membantu pengarang menggambarkan peristiwa yang dilakukan tokoh dalam cerita. Dalam Kurikulum Nasional pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XII, penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar sesuai dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam meneliti struktur logika dengan jenis verba dan objek yang berbeda dan dapat dikembangkan menjadi bahan ajar unsur kebahasaan teks naratif khususnya novel. The aims of the research are to know the logic structure of verb with affixes {mekan}in a novel titled Surat Kecil untuk Tuhan (A Small Letter to God) written by Agnes Davonar and the implication to Bahasa Indonesia (Indonesia Language) learning. The research conducted in semester 106, from March until August 2017. The research focus is the logic structure of verb with affixes {me-kan}in a novel titled Surat Kecil untuk Tuhan (A Small Letter to God) written by Agnes Davonar. The research conducted by using content analysis technique and reduction technique. The research instruments are the researcher herself and helped by content analysis table. Based on the research result, 135 verbal clauses with affixes {me-kan} have been found. From 135 verbal clauses, 8 patterns of logic structure of verb with affixes {me-kan} have been formed. There are 102 clauses (75,5%) of monotransitive pattern/action (actor+object), 14 clauses (10,5%) of monotransitive pattern/action (subject+object), 9 clauses (6,5%) of ditransitive pattern/action (actor+predicate+object), 3 clauses (2%) of monotransitive pattern/action (subject), 3 clauses (2%) of monotransitive pattern/circumstance (subject+object), 2 clauses (1,5%) of monotransitive pattern/action (actor+goal), 1 clause (1%) of monotransitive pattern/action (predicate+object), 1 clause (1%) of complement pattern/relational (subject+identity). The most productive pattern is monotransitive pattern/action (subject+object) because the pattern used by the author in order to helped her to illustrate every events or incidents which have been told by the author. Thus, it will be easier for the readers to understand the story. Based on the research result, verbal clause divided into several groups based on the verb type that filled in the predicate function and argument that accompany the predicate. 131 clauses (97%) of action verb have been found 3 clauses (2%) of circumstance verb have been found 1 clause (1%) of relational verb have been found. The amount of logic structure of action verb is bigger than the other verbs because action verb helped the author to illustrate the event that the characters do in the story. In the National Curriculum of Bahasa Indonesia subject for Grade XII in Senior High School, this research can be implicates as teaching materials which compatible with KD (Basic Competence) 3.9 Analyzing the content and language in novel and KD (Basic Competence) 4.9 Planning the novel or novelette by pay attention to the content and both verbal and written language. This research is expected to become a reference in conducting research about logic structure with different types of verb and object and could be develop into teaching materials for a language element of narrative text especially novel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Miftahulkhairah Anwar, M. Hum. 2). Dra. Suhertuti, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:22
Last Modified: 26 Apr 2022 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28221

Actions (login required)

View Item View Item