PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA DENGAN STRATEGI PDEODE PADA POKOK BAHASAN TEORI KINETIK GAS UNTUK SISWA KELAS XI SMA

FITRI NURMAYANTI, . (2015) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA DENGAN STRATEGI PDEODE PADA POKOK BAHASAN TEORI KINETIK GAS UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
fitri.pdf

Download (18MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran fisika berbentuk modul elektronik yang saintifik sebagai bahan ajar mandiri peserta didik dengan strategi pembelajaran PDEODE (Predict – Discuss I – Explain I – Observe – Discuss II – Explain II). Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze – Design – Develop – Implementation – Evaluation). Modul elektronik ini telah melalui uji validasi yang melibatkan ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran yang terdiri dari dosen fisika, dosen pendidikan fisika, dan editor buku pelajaran fisika SMA dengan persentase pencapaian 93,32% menurut ahli materi, 85,94% menurut ahli media, dan 83,65% menurut ahli pembelajaran. Uji lapangan modul elektronik dilakukan kepada 144 peserta didik SMA dan empat orang pendidik fisika SMA dengan persentase capaian sebesar 90,70% menurut pendidik fisika SMA dan 91,33% menurut peserta didik SMA. Dengan demikian, modul elektronik ini layak digunakan sebagai bahan ajar mandiri peserta didik. The research have been done for The Development of Electronic Module with PDEODE Strategy in Kinetic Theory of Gas Subject for SMA Students Grade II. The aim of this research is to develop a physics instructional media in the form of scientificaly electronic module as a self-learning material for students with PDEODE (Predict – Discuss I – Explain I – Observe – Discuss II – Explain II) strategy. This research used research and development (R&D) method with ADDIE (Analyze – Design – Develop – Implementation – Evaluation) model. This electronic module has been through validity test involving matter expert, media expert, and instructional expert that consist of physics lecturer, physics education lecturer, and senior high school physics book editor with the persentage of achievement 93,32% according to matter expert, 85,94% according to media expert, and 83,65% according to instructional expert. The field test of electronic module conducted to 144 senior high school students and four senior high school physics teachers with the percentage of achievement 91,33% according to senior high school students and 90,70% according to senior high school physics teachers. Therefore, this electronic module is worthy use as a self-learning material for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si. ; 2). Dr. Esmar Budi, M.T.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:47
Last Modified: 12 May 2022 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28222

Actions (login required)

View Item View Item