ANALISIS KEBUTUHAN PADA MATERI PENGEJAAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS EMPAT

REYNALDY ANANTYO KOES PRAKOSO, . (2017) ANALISIS KEBUTUHAN PADA MATERI PENGEJAAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS EMPAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ACKNOWLEDGMENT.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Abstract & ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Chapter V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (399kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
lembar pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CV Reynaldy_Anantyo.pdf

Download (207kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini tentang analisa kebutuhan pada siswa kelas empat terhadap materi pengejaan dalam Bahasa Inggris. Analisis kebutuhan ini dilaksanakan untuk menentukan kebutuhan pada siswa kelas empat sekolah dasar. Penelitian ini ditujukan untuk menentukan kebutuhan siswa kelas empat pada materi pengejaan Bahasa Inggris ,dan untuk menggambarkan cakupan materi pengejaan pada silabus dan materi ajar yang ada. Penelitian ini berfokus pada analisa kebutuhan pada siswa kelas empat terhadap materi pengejaan dalam Bahasa Inggris. Penelitian ini melibatkan 16 siswa kelas empat dari SD Melati Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kasus. Data-data didapat dari Guru kelas, Siswa, dan Dokumen-dokumen pengajaran yang ada. Teknik pengumpulan data adalah dengan menganalisa dokumen pengajaran yg ada, mengadakan observasi kelas, mewawancarai guru kelas, dan membagikan kuesioner pada siswa. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa Pertama, silabus dan dokumen pengajaran yang ada tidaklah cukup mencakup semua kebutuhan siswa pada pembelajaran pengejaan dalam Bahasa Inggris Kedua, para murid menginginkan pembelajaran pengejaan Bahasa Inggris ini ditambah, terutama pada ditambahnya permainan, lagu-lagu, dan cerita-cerita untuk membuat mereka lebih mudah dalam mempelajarinya. Peneliti mengusulkan untuk melanjutkan penelitian ini dengan harapan supaya terwujudnya materi pengejaan Bahasa Inggris berdasarkan pada kebutuhan para siswa. This research is about analyzing the needs of grade four students on English spelling materials. This research was aimed to determine the needs of the fourth grader students on English spelling materials, and to describe the coverage of spelling materials in syllabus and learning materials. This study focused on students’ needs analysis on spelling materials. The participants of this study were 16 grade four students of SD Melati Indonesia. The methodology of this research is qualitative research with case study method. The data were collected from the teacher, students, and existing documents. The techniques of collecting data are analyzing the existing materials, conducting classroom observation, interviewing the teacher, and distributing questionnaire. The results of the study found that first, the existing syllabus requires English spelling in terms of writing, stated in its learning objectives and learning materials have covered the students’ needs but, not adequately enough to cover the students’ needs on English spelling materials. Second, the students want more learning about English spelling, they want learn English spelling with more games, songs, and stories which make them easier in learning English spelling. The researcher suggests this research should be continued into the further research in order to design the English spelling materials based on the students’ needs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hanip Pujiati. 2). Dra. Rutje Helena Diamongilala, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:36
Last Modified: 26 Apr 2022 06:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28238

Actions (login required)

View Item View Item