MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN PASAR MANGGIS 01 PAGI JAKARTA SELATAN

Putra Pratama Munandar, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN PASAR MANGGIS 01 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Surat Keaslian Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di Kelas V SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan dalam pembelajaran IPS dengan cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 di SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan dengan subjek penelitian siswa kelas V-A yang berjumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Ketuntasan atau skor keberhasilan keterampilan sosial sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V-A SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan karena siswa dapat belajar secara berkelompok, ada kelompok asal dan ada kelompok ahli yang membuat siswa bisa saling bekerja sama, peduli satu sama lain dan menyelesaikan tugas dengan cepat dan benar sehingga siswa lebih antusias untuk saling bekerja sama dalam kelompok melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Peningkatan keterampilan sosial tersebut ditunjukkan dengan peningkatan prosentase siswa yang melebihi prosentase 85%. Hasil keterampilan sosial pada siklus I, rata-rata kelas adalah 72,21% dan siswa yang mencapai skor ≥70 sebanyak 20 siswa atau 57,14%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 94,44% dan siswa yang mencapai skor ≥70 sebanyak 31 siswa atau 88,57%%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model cooperative learning tipe jigsaw dapat dijadikan sebagai salah satu model cooperative learning tipe jigsaw yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd 2) Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 15 Jan 2020 14:56
Last Modified: 15 Jan 2020 14:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item View Item