KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN FI’IL AJWAF YANG BERSAMBUNG DENGAN DHOMIR RAFA’ DALAM MENULIS TERPIMPIN ( Analisis Kesalahan Pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta )

SITI SARAH SYARIFAH, . (2015) KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN FI’IL AJWAF YANG BERSAMBUNG DENGAN DHOMIR RAFA’ DALAM MENULIS TERPIMPIN ( Analisis Kesalahan Pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SITI SARAH SYARIFAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai bentuk kesalahan, jenis kesalahan dan persentasenya serta faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan penggunaan fi’il ajwaf yang bersambung dengan dhomir rafa’. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Jakarta sejak bulan April hingga Mei2015. Data penelitian ini berupa hasil penggunaan fi’il ajwaf untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan berbahasa dengan sumber data mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab sebanyak 26 orang, dan dengan instrumen berupa lembarlatihanpada mahasiswa dalam menulisterpimpin. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi dan dengan prosedur penelitian sebagai berikut : 1) mengumpulkan hasil lembarlatihanmahasiswa, 2) mendiagnosa bentuk-bentuk kesalahan, 3) mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk kesalahan berdasarkan jenis-jenis kesalahan, 4) menghitung persentase atau frekuensi kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dengan Kriteria interpretasi, yaitu : kesalahan jarang 1- 25%, kesalahan merata 26-75%, dan kesalahan umum 76-100%, 5) menjelaskan bentuk-bentuk kesalahan dan 6) menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan. Dari kajian teori sebelumnya peneliti menemukan 5 bentuk fi’il ajwaf 1 .)الفعل ادلاضي األجوف )الواوى واليائى(،5 .)والفعل yaitu, Arab bahasa dalam فع )الواوى واليائى( ّ ادلضارع األجوف يف حالة الر ،3 .)والفعل ادلضارع األجوف يف حالة ّصب )الواوى واليائى( الن ، 4 .)والفعل ادلضارع األجوف يف حالة اجلزم )الواوى واليائى(، 5 .)و فعل األمر األجوف )الواوى واليائى( Berdasarkan analisis kesalahan berbahasa penggunaan fi’il ajwaf dalamBahasa Arab, hasil yang diperoleh adalah : 1). kesalahan jarang yang terdapat pada fi’il mudhore’ ajwaf ketika nashob dan fi’il mudhore’ ajwaf ketika jazem. 2). Kesalahan meratayang terdapat pada fi’il madhi ajwaf dan fi’il amr ajwaf. 3).Kesalahan umum yang terdapat pada fi’il mudhore’ ajwaf ketika rafa’. Adapun penyebab kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam penggunaan Fi’il Ajwaf yaitu :Tidak menguasai kaidah bahasa Arab, penerapan kaidah bahasa Arab yang kurang khususnya dalam penggunaan fi’il ajwaf, ز kurangnya ketelitian mahasiswa dalam menjawab soal, perbedaan pemerolehan bahasa pada setiap mahasiswa. Implikasi penelitian ini ialah dalam pengajaran bahasa Arab khususnya pada pengajaran menulisterpimpin dan shorof. Dengan melakukan analisis kesalahan guru dapat mengetahui kesalahan sering yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menggunakan kata ganti rafa’ dalam bahasa Arab. Maka dari itu, para guru diharapkan untuk memperhatikan kesalahan jarang yang dilakukan oleh siswa kemudian menjelaskannya hingga mereka memahaminya dengan baik, dan diharapkan pula untuk menggunakan media yang menyenangkan dan metode serta teknik yang menarik dalam pengajaran, dan untuk memahami kata ganti rafa’ yang tidak dipahamimahasiswa pada setiap tingkatan seperti kata kerja lampau, kata kerja yang sedang terjadi dan kata perintah dalam fi’il ajwaf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. ; 2). Siti Jubaidah, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 04:02
Last Modified: 12 May 2022 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28244

Actions (login required)

View Item View Item