PENGARUH METODE SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SMP PONDOK PESANTREN MANBAUL 'ULUM ASSHIDDIQIYYAH JAKARTA

SITI TSUROYYA, . (2015) PENGARUH METODE SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SMP PONDOK PESANTREN MANBAUL 'ULUM ASSHIDDIQIYYAH JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode SAVI berpengaruh terhadap ketrampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Asshiddiqiyyah Jakarta pada bulan Maret – Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP Pondok Pesantren Asshiddiqiyyah. Sedangkan sampelnya adalah siswa SMP kelas VII tahun 2015, yaitu kelas V.II (sebagai kelas kontrol) jumlah 30 siswa, dan VII.III, (sebagai kelas eksperimen) jumlah 26 siswa. Pengukuran hasil keterampilan berbicara siswa dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes lisan berbicara dengan tes subjektif (lisan) berupa praktek hiwar. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh Lhitung= 0,156 dan pada kelas Kontrol diperoleh Lhitung= 0,149. Sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,173 (n = 26, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas control diperoleh 0,161 (n = 30, taraf signifikansi 5%). Karena kedua Lhitung<Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung>χ²tabel atau 5,4330>1,684, artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung=5,4330. Dengan dk 54 dan ttabel= 1,684 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung= 5,4330>ttabel= 1,684, jadi H1 diterima. Maka, terdapat pengaruh positif penggunaan Metode SAVI berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa SMP kelas V Pondok Pesantren Manbaul'Ulum Asshiddiqiyyah Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Metode SAVI berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa SMP kelas V Pondok Pesantren Manbaul'Ulum Asshiddiqiyyah Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd. ; 2). Siti Jubaidah, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 04:03
Last Modified: 12 May 2022 04:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28247

Actions (login required)

View Item View Item