EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PARENTING BAGI ORANG TUA MURID DI SEKOLAH MADRASAH IBTIDAIYAH KARAKTER AZZAROOFAH, LUBANG BUAYA. JAKARTA TIMUR

PUTRI ANDARI ERSA, . (2018) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PARENTING BAGI ORANG TUA MURID DI SEKOLAH MADRASAH IBTIDAIYAH KARAKTER AZZAROOFAH, LUBANG BUAYA. JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PURTI ANDARI ERSA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanpuntuk mengetahui tingkat keberhasilan program pelatihan parenting. Serta mengevaluasi kekuatanpdan kelemahanpprogram pelatihan parentingpuntuk digunakanpsebagai masukan bagippenyelenggara yaitu sekolah Madrasah Ibtidaiyah Karakter Azzaroofah, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Penelitiangevaluasi ini dilakukan denganpmetode survey. Sampel dalam penelitiaan ini adalah seluruh populasi yaitu peserta pelatihan berjumlah 45 orang. Pengumpulan data angket/kuesioner yang ditujukan kepada peserta pelatihan. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif deskripsi. Hasil uji validitas dan reliabilitas yaitu 25 pertanyaan dikatakan valid dan reliabilitas tinggi. Nilai keberhasilan program pelatihan parenting ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context,Input, Process, Product) yang diperoleh pada dimensi Context (konteks) yang terdiri dari identifikasi kebutuhan dan perumusan tujuan sebesar 53,3% (cukup baik) karena berada pada rentang 40%-59%, Dimensi input (masukan) yang terdiri dari desain pelatihan,narasumber,peserta,jadwal pelatihan,sarana dan prasarana sebesar 67% (baik) karena berada pada rentang 60%-79%, Dimensi Process (proses) yang terdiri dari pelaksanaan pelatihan dan metode narasumber sebesar 63,3% (baik) karena pada rentang 60%-79%, Dimensi Product (hasil) yang terdiri dari pengetahuan peserta dan penerapan peserta sebesar 69,9% (baik) karena berada pada rentang 60%-79%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu program pelatihan parenting bagi orang tua murid di sekolah madrasah ibtidaiyah karakter, Lubang Buaya Jakarta Timur ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Karta Sasmita, M.Pd, Ph.D 2) Dr. Anan Sutisna, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 15 Jan 2020 14:58
Last Modified: 15 Jan 2020 14:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item